Segara Anakan, Surga Indonesia di Selatan Malang #Part2

By Fery Arifian - 11/19/2013

Pasti udah pada gak sabar nungguin lanjutan cerita Segara Anakan, Surga Indonesia di Selatan Malang tentang Adventure gue bareng temen-temen CN1 ke Segara Anakan, Pulau Sempu. 

Yang belum baca Part 1, klik disini

Ya udah yok, kita lanjutin!

Akhrinya kita sampe di spot pendaratan kapal di Pulau Sempu. Kita memutuskan untuk dikawal seorang Tour Guide buat ke spot Segara Anakan. Pas masuk ke dalam rimba, gue sempet kaget bro, ternyata kondisi jalannya astaghfirullah susahnya gak nahan.


Jalannya bener-bener becek kayak rawa, trus licin, udah gitu banyak cabang, ranting, akar, bahkan pohon tumbang yang sempet kita lewati. Beuh, gilak bener dah ini jalannya!

Pulau Sempu yang emang kawasan Cagar Alam wajar banget kalo kondisi jalannya emang serba becek gini, pokoknya cocok banget lah dikatain ngerimba dalam arti yang sebenernya. Untung gue pake celana pendek dan sendal. Soalnya beberapa temen gue ada yg gak bawa baju ganti, jadi dia terpaksa pake celana jeans. *Yaelah bro, dikata ke Mall gitu*

Tapi gue juga kena apes, pas kaki kiri gue berdarah kena ujung akar yang tajem. Pas itu gak ada yang bawa plester, obat luka dsb. Yaa, terpaksa gue terus jalan sambil ngebiarin darah di kaki gue netes. Tapi untung lukanya gak dalem banget.


Perjalanan dari teluk pendaratan kapal ke Segara Anakan kira-kira sekitar beberapa kilometer (gue lupa berapa yang jelas itu capek banget).



 

Bisa dibayangin, kita semua jalan kaki dari ujung pulau ke ujung pulau. Di tengah hutan, jalan gak karuan. Beberapa dari rombongan kita sempet terpisah dan terbagi. Rombongan terpecah jadi 3 (mungkin karena kebanyakan orang), rombongan pertama yang berada di garis paling depan 5 orang yang pengen banget cepet-cepet nyampe ke Laguna. 

Rombongan ke-2 disusul sekitar 7 orang yang terdiri dari campuran antara laki-laki dan perempuan dan rombongan ke-3 sisanya dari total 21 orang. Yang rombongan terakhir ini mungkin banyak ceweknya makanya jalan pelan dan sering banget minta istirahat.

Kejam memang, kita yang berangkat bareng-bareng malah terpisah di dalem hutan. Tapi masih untung kita nyewa Tour Guide yang udah setia ngedampingin rombongan ke-2 dan ke-3 yang sempet pisah akhirnya bisa disatuin lagi.

Ada yang tanya gue di rombongan mana? hmm, gue sebenernya rombongan bayangan bro. Antar rombongan pertama dan kedua. Ya, gue terpisah lumayan jauh. Gue, dan 2 temen gue malah terpisah. Entah kenapa rombongan pertama yang isinya 5 orang ini jalannya gak woles. Eh, malahan mereka lari. Iya, lari di keadaan tanah becek.

Kita cuman bisa kontek lewat teriakan doang bro. Walaupun suara mereka masih bisa kita denger, tapi apa daya pantat dan kaki tak sampai buat nyusul mereka. Kita bertiga (gue, sugis, cania) yang pengen nungguin rombongan ke-dua udah gak bisa lagi karena kita juga udah kebelet nyampe. Ini mungkin juga karena bawa gajah kebun binatang (baca: Si Sugis) makanya agak lama juga.

Tapi, alhamdulillah berkat ketaqwaan dan keimanan kita, akhirnya  kita gak jadi kena adzab laguna udah keliatan. wohoo!

Jalanan yang kita lewati udah deket ke spot pantai laguna Segara Anakan. Jalanannya sempit, cuman bisa dilewatin 1 orang. Samping kiri pepohonan & dan tebing tinggi yang samping kanan biru dan hijaunya air Segara Anakan.

Gue gak mau kalah, gue juga lari pas nyampe disini. Sembari mulut gue tak berhenti bilang "wooow" dan "subhanallah, ini indah banget. Terimakasih Tuhan"

Finally, kita nyampe di Segara Anakan. yeaaah!


ehmm, my pose :|
Temen-temen rombongan pertama maen langsung nyebur aja pas udah nyampe disana.



Dan, temen-temen rombongan lain juga menyusul. Mereka juga gak bisa tahan liat Segara Anakan dan langsung nyebur tanpa pikir panjang.



Yang namanya foto pantai selalu gak lepas sama pose kayak gini.




Kalo gue upload satu-satu kesini gak bakalan selesai. Dan alhasil post ini pasti berat banget loadingnya kalo kebanyakan foto. Jadi gue ringkes aja pake page mode di software edit foto.


secara gak langsung, gue jadi fotografer haha



Gue bisa terbang... ululululu~

gue terbang :v

Waktu yang bikin kita gak bisa lama-lama di Segara Anakan. ya, kita semua emang sengaja gak nginep disini (mau nginep gimana, berangkat aja persiapan seadanya). Kalaupun menginap pasti kita gak diijinkan. Karena kita belum ngurus surat izin dari Dinas Cagar Alam Pulau Sempu.

Jam 15.00 WIB kita semua memutuskan untuk kembali ke teluk pendaratan perahu. Ya walaupun agak kecewa karena kita gak bisa berlama-lama disini. Kalo gak balik, urusannya juga bakal ruwet. Apalagi om-om yang punya kapal tadi pesen kalo kita jam 5 belom balik kita gak bakal dijemput karena peraturan dari dinas cagar alamnya jam 5 semua aktivitas pengantaran penumpang ke Pulau Sempu harus udah berakhir.

Dengan perjalanan kembali yang menghabiskan waktu lumayan lebih cepet dari pas berangkat tadi, kita semua bisa bernafas lega selega pas ngeden kentut. oh iya, by the way pas jalan pulang ada yg gandengan tangan lho gak lepas-lepas. ciee sorakin yok!

Dan mirisnya lagi, kita kehabisan stock air minum. Cuman tinggal sebotol kecil dan itupun cuman boleh diminum sama cewek-cewek aja. Yaa gimanapun cowok emang harus ngalah :v


semacam mancing ikan gitu :v

Dan akhrinya bisa pulang dengan selamat. So, this is an awesome trip. Terimakasih tuhan, sudah memberi alam seindah ini.

Buat kalian yang abis liat post ini pasti pada kepengen ke Segara Anakan kan? Gue saranin siapkan segala keperluan buat kesana. Baik fisik, kesehatan, sama budget juga. :p

Indonesia juga punya banyak keindahan, so ngapain susah-susah ke luar negeri. Indonesia juga punya :D

Keep love our natures and cultures. Salam klepac!

  • Share:

You Might Also Like

21 komentar

  1. ini di deket malang, kak? baru tau. keren ya. jadi pengen ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, di selatannya Malang. datang dan buktikan :)

      Hapus
  2. Alam di Indonesia gak akan habis buat dikunjungin satu per satu :)))

    BalasHapus
  3. kebayar ya capeknya perjalanan dengan pantai kaya gitu,
    gue juga punya pengalaman jalan-jalan ke malang.ke pantai ngliyep. pernah denger ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ngliyep ya? sering denger sih. udah tau tempatnya tapi belum pernah kesana. pantai di Malang bagus-bagus juga

      Hapus
  4. Senangnya yang bisa ke pulau sempu, bagus yak di sana?! Jadi pengen ke sana lagi.

    Eh ciee, yg gandengan tangan knpa engga d foto dan d upload juga, biar yg sini bisa nyorakin juga. Eeh, ciieee. ,

    Mampir juga ya!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, seneng banget lah :)
      jangan, itu rahasia . kata mereka haha

      Hapus
  5. Bagus banget yaaaaak :D

    wah gak nginep gak seru ferr.. cobak nginep pasti. wowowowowowwowow tapi kalo jomblo sihh yaaa bisa aja atau malang ngenes..

    pas malem bintangnya keren. sumpah..

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. siip bro. kalo kesana lagi bawa tenda biar bisa nginep haha

      Hapus
  7. Asli keren! Bening banget airnya. Masih alami banget.

    BalasHapus
  8. airnya jernih dan pemandangan pantainya pun bagus..

    BalasHapus

Comments