B29, Negeri Di Atas Awan

By Fery Arifian - 2/21/2015

Liburan semester 1 saya kali ini ditutup dengan liburan yang sangat mengesankan buat saya. Karena saya benar-benar merasa ini merupakan pengalaman yang paling berharga di hidup saya. B29, sebuah puncak yang masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menjadi tujuan saya kali ini.

B29, negeri Di Atas Awan

Saya berangkat dari Kota Kepanjen, Kab. Malang sekitar pukul 21.30 WIB, dengan menggunakan Minibus. Saya dan rombongan berjumlah sekitar 30 orang. Karena liburan ini saya memang diajak abang keponakan saya, jadi gak kaget kalau rombongannya kebanyakan temen SMA abang saya.


Saya dan rombongan sampai di sebuah desa, Desa Argosari, Kab. Lumajang dimana merupakan desa yang menjadi penghubung dengan lokasi Puncak B29. Saya sampai di desa ini sekitar pukul 01.30 WIB.

Kenapa kok namanya B29? Katanya B29 itu artinya Bukit di ketinggian 2.900 mdpl (di atas permukaan laut). Hawa di sini sudah terasa sangat dingin, turun dari mobil pun saya bergegas siap-siap mengeluarkan jaket lagi, syal, masker dan topi hangat. Lengkap kayak orang mau mancing ke kutub.

Setelah saya dan rombongan kumpul untuk briefing dan berdoa bersama, tepat pukul 02.00 WIB kami berangkat. Rute yang harus ditempuh sejauh 7,7 km dari tempat parkir kami. Dan itupun dengan kondisi jalan yang menanjak.

Belum ada setengah perjalanan beberapa mbak-mbak temen abang saya mengeluh capek dan butuh istirahat sebentar. Saya sudah menduga kalau bakal kayak gini kalau ke puncak sambil bawa cewek, ya namanya aja cewek.

Tapi buat cewek-cewek yang gak pengen capek-capek ke puncak, di sepanjang jalan menuju puncak banyak ojek-ojek sliweran menawarkan ojek untuk ke puncak. Iya, ojek. Baru kali ini juga saya tau ada ojek ke puncak dengan kondisi jalan yang yaa tau sendiri lah susahnya gimana kalo jalanan gunung itu.

Harga ojek macem-macem, mulai dari Rp. 80.000,- untuk pp pulang pergi puncak-desa, Rp. 60.000,- kalau berangkat saja. Karena saya bukan cowok lemah (aseek) saya dan rombongan yang berada di depan berangkat dulu dan gak pake ojek. Karena buat saya, the real traveller gak mengenal jalan pintas.

Kami ber-7 jadi rombongan yang berangkat dulu, dan rombongan yang isinya mbak-mbak kami tinggal di belakang. Kami semua emang agak risih kalo bareng cewek hahaha. Di jalan kami istirahat di beberapa titik seperti masjid, loket masuk, dan di perkebunan. Sampai di loket, per-orang dikenakan biaya Rp. 3.000,-.

Finally, kami nyampe di puncak B29 sekitar jam 04.00 shubuh, di sana masih gelap. Tapi sudah banyak camp yang berdiri.

Sebelum Sunrise
Sambil menunggu sunrise, saya dan rombongan yang duluan dateng bergantian buat sholat shubuh. Ini pengalaman pertama saya sholat di atas puncak, dan kalian tau apa yang rasakan? Merinding bro. Bukan karena dingin, tapi karena saya merasa bersyukur sekali bisa dilahirkan di negeri sangat indah ciptaan Tuhan, Indonesia.

Sunrise di B29

Sekitar pukur 04.30 sunrise muncul, dan kami gak menyia-nyiakan momen epic ini. Langsung rame-rame ngeluarin kamera sama hp. Di arah timur ada sunrise, dan di arah barat ada lautan awan di atas kawasan Bromo.

Negeri di atas awan, B29

Pose backview biar keren dikit

Pose yang lagi ngehits haha

I feel free~ hahaha

Dalam hati saya cuman bisa bilang, subhanallah maha besar Allah dengan segala ciptaannya. Semeru juga keliatan jelas dari puncak ini.

Semeru dari B29

Setelah selesai foto, sarapan, istirahat, foto-foto lagi, akhirnya pukul 06.30 WIB saya dan rombongan memutuskan untuk turun dan pulang.

Spot di B29 yang sering dibuat foto

B29 skyview

Ini benar-benar pengalaman travelling yang berharga yang pernah saya tulis di blog ini. Saya bener-bener bersyukur bisa kesini, dan saya berterimakasih juga sama abang keponakan saya yang udah ngajakin saya kesini, sekalian dibayarin juga biaya transport sama makannya haha. Kalau bukan karena abang saya pasti gak bakal nyampe sini.

Oh iya, pesan dari saya. 

Don’t leave anything but footprints !!!

Don’t take anything but pictures !!!

Don’t keep anything but Memories !!!

Indonesia, tetap akan menjadi negeri tempat yang selalu kubanggakan.

  • Share:

You Might Also Like

11 komentar

  1. YA ALLOH KOK ITU FOTONYA KEREN-KEREN SEMUA SIH. :'))

    BalasHapus
  2. Satu kata buat B29 : KEREEENNNN!!!

    Pengen kesana jadinya, mumpung masih muda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya cepet kesana mas, Dampit sama Lumajang kan deket haha

      Hapus
  3. Balasan
    1. bukan, aku cuma anak rumahan yang gak betah di rumah lama-lama kok meg

      Hapus
  4. indahnya..
    melihat dari gambarnya serasa berada di negeri dongeng saja, negeri di atas awan..

    BalasHapus

Comments