Banyu Anjlok, Air Terjun Unik di Malang

By Fery Arifian - 2/12/2015

Yoohaw kawan!

Banyu Anjlok
Liburan gak lengkap buat saya kalo gak travelling mengunjungi tempat-tempat epic yang masih alami banget. Karena bagaimana pun dan sesibuk apa pun seseorang, kalo dia punya sense of adventure pasti gak bakal betah diem di rumah mulu kalo pas liburan. Pasti bakal cari tempat buat dikunjungi.

Saya sebenarnya juga udah kepengen banget ke Banyu Anjlok. Gara-gara ngeliat beberapa foto temen saya yang udah kesana, ngeliat fotonya di akun-akun travelling di Instagram. Kaki udah gatel aja pengen kesana.


Hari Rabu kemarin saya dan 4 orang temen saya nentuin objek yang kita tuju adalah Banyu Anjlok. Dari namanya aja sebelum saya liat foto-fotonya di sosial media, udah tau kalo itu air terjun. Banyu Anjlok adalah nama lain dari air terjun dalam bahasa jawa.

Karena yang kesana gak terlalu banyak cuman 5 orang jadi kami janjian jam 7 ngumpul di depan Stadion Kanjuruhan, dan pastinya tepat waktu. Iya tepat waktu soalnya kalo yang ngikut makin banyak pasti bakal ngaret haha.

Perjalanan kami mulai dari Kota Kepanjen menuju Kecamatan Dampit dan Kecamatan Tirtoyudo yang merupakan daerah paling timur Kabupaten Malang. Perjalanan selama 3 jam dari jalanan aspal yang mulus banget, jalanan pedesaan dan perkebunan, sampai jalanan ekstrim pas udah deket daerah wisata pantai.

Petunjuk arah ke beberapa tempat wisata udah tersedia kok, jadi kita tinggal ngikutin petunjuknya aja. Kalau gak yakin tanya ke penduduk lokal juga bakal ngebantu. Setelah sampai di loket kita dikenakan tarif Rp. 5000,-. Udah termasuk pantai lenggoksono dan air terjun banyu anjlok. Bisa milih mana tujuan yang pengen kita tempuh nanti penjaga loketnya bakal ngasih tau jalannya.

Kalau pengen ke Banyu Anjlok, bisa dengan jalan kaki dan nitipin dulu kendaraan di Pantai Lenggoksono. Atau bisa pake motor tapi harus ekstra hati-hati banget. Karena jalannanya udah bukan aspal lagi, tapi bebatuan dan jalan tebing. Kalaupun pake motor saya sarankan jangan maksa pake motor matic buat boncengan, kalaupun pake matic sendirian masih bisa.
Kalau mobil bisa parkir dulu di Pantai Lenggoksono dan jalan kaki ke Banyu Anjlok.


Jarak dari loket ke lokasi Air Terjun sekitar 3 km. Dan karena saya kesitu pagi banget, jadi masih sepi. Beruntung kami kesana pas hari biasa bukan akhir pekan jadi cukup leluasa buat ngelewati jalannya.

Saya rasa butuh nyali besar buat berani ngelewatin jalanan ke Banyu Anjlok kalo pake motor. Karena lengah sedikit saja kita bisa jatuh ke jurang, 2 orang teman saya sempat jatuh di tanjakan karena bebatuan saat jalanan nanjak.


Tapi apa yang kita usahakan hasilnya gak mengecewakan kok.


Pemandangan dari tebing menuju Banyu Anjlok

Banyu Anjlok ada di bawah situ

Di Banyu Anjlok ini kita bisa berenang di kolam cekungan di atas air terjunnya. Tapi musti hati-hati juga karena batunya licin dan lumayan tajam. Karena saya memutuskan buat ke pantainya yang ada di bawah air terjun saya gak berenang di kolamnya.

Tolong abaikan orangnya ya haha
Kalau kesini pasti bakalan ngerasain banget gimana sensansinya turun dan manjat bebatuan. Karena buat sampai ke bawah air terjun butuh perjuangan lagi.

Temen saya ini yang paling semangat kalo turun

Air Terjun yang langsung jatuh ke pantai sangat jarang ditemukan, makanya tempat ini udah lumayan terkenal di kalangan wisatawan. Nah, tapi tetep harus hati-hati ya, jangan bermain air apalagi berenang terlalu jauh di kawasan pantai. Karena memang pantai selatan Malang punya banyak palung laut dan ombak yang gede.

Banyu Anjlok dari pantai

Nah ini pantainya

Iseng dikit haha
Siang hari, tempat ini udah mulai rame banyak yang dateng. Saya dan temen-temen nyoba mampir juga ke Pantai Lenggoksono. Pantainya bagus, pasirnya putih, cuman masih ada beberapa sampah yang di buang sembarang di sini. Di sini saya cuman numpang istirahat aja, udah capek foto-foto haha.

Oh iya, dari pantai ini juga kita bisa nyewa perahu buat nganterin ke pantai Banyu Anjlok via laut. Itupun kalau emang orang yang berduit dan males capek-capek jalan kaki. Gak kalah seru kok nerjang ombak juga.

Ini ada video iseng juga, mumpung bisa bikin video bareng-bareng kayak gini haha.





  • Share:

You Might Also Like

9 komentar

  1. Ya Alloh meni keren pisan eta tempatnya. Ajak dong kapan-kapan. :((

    BalasHapus
  2. Belum kekinian nih kalau anak Malang enggak ke sini huhu. Fer, aku masih enggak paham sama video instagram mu :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kamu terlalu jadi anak hits kota meg, padahal Malang itu punya banyak banget wisata alam yang bagus
      enggak, itu cuman iseng aja. padahal niatnya mau nunjukin view tempat itu meg haha

      Hapus
  3. Oh jadi ini banyu anjlok, tempat yang akhir-akhir ini booming sampe ke Surabaya? Ooooh~

    Sumpah kemarin aku baru ditanya tentang tempat ini sama temen-temen aku dan aku nggak tau. Sebai orang Malang aku merasa gagal :3

    BalasHapus
  4. itu arah batu ato daerah malang selatan lewat kepanjen gan ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. lewat malang kota - gadang- bululawang-turen-dampit-dan lururs aja... itu juga bisa gan

      Hapus
  5. pantai-pantai di indonesia indah-indah ya, keindahan alamnya sangat luar biasa dan begitu memukau..

    BalasHapus

Comments