Tak Perlu Jauh-jauh Ke Thailand Kalau Ingin Melihat Sleeping Buddha

By Fery Arifian - 2/10/2016


Setiap ada kata "Thailand" pasti tempat wisata di sana yang ingin dikunjungi salah satunya adalah Sleeping Buddha di Wat Pho. Tapi, buat traveller kere kayak saya, gak perlu jauh-jauh ke Thailand buat berkunjung ke Sleeping Buddha.

Di Maha Vihara Mojopahit, saya sudah bisa berkunjung dan menikmati keindahan arsitektur Sleeping Buddha. Masyarakat biasa menyebutnya Patung Buddha Tidur, patung ini terletak di dalam kompleks vihara.


Sleeping Buddha dari depan
Patung Buddha Tidur yang memiliki panjang kira-kira 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi sekitar 4,5 meter ini berada di Jl. Raya Trowulan, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Karena saya kebetulan juga sedang liburan di kawasan Trowulan, jadi saya sengaja kesini juga.

Baca Juga : Main Ke Mojokerto? Coba Kunjungi Candi Bajang Ratu dan Candi Tikus


Dibuat pada 1993 dan ukirannya terlihat paling nyata dan bagus
Setelah saya browsing sana-sini, katanya sih Patung Buddha ini terbesar ke-3 di dunia, yaa walaupun sumbernya masih belum kredibel karena Sleeping Buddha gak cuman di Indonesia dan Thailand aja, tapi tersebar di berbagai negara di Asia lho, readers.


Warna emasnya bikin silau kalau kena matahari
Setiap acara-acara besar keagamaan Buddha, kompleks Maha Vihara Mojokerto ini jelas selalu ramai untuk tempat peribadatan masyarakat Buddha khususnya di Jawa Timur. Karena ini tempat ibadah, yaa sebaik-baiknya ya jaga perilaku dan gak merusak.


Relief di bawah patung buddha
Untuk biaya masuknya sendiri sudah dikenakan tarif loket masuk seharga Rp. 2000,- dan biaya parkir di luar kompleks vihara Rp. 2000,-. Karena tempat peribadatan ini sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan, bisa lah menghibahkan Rp. 2000,- untuk perawatan dan fasilitas Vihara.


Kolam teratai di samping patung buddha (taken by Redmi 2 camera)
Di sekitar kompleks Vihara juga banyak patung-patung Buddha yang berukuran lebih kecil, ada juga miniatur Candi Borobudur (tapi gak sempet kefoto, dan gak sempet keliling kompleks Vihara karena Mojokerto panasnya gak nyantai sob), jadi saran kalau ke sini usahakan keliling-keliling kompleks Viharanya.



Video kiriman Fery Arifian (@feryarifian) pada

Iseng juga nyoba bikin video versi 15 detiknya, ngerecord pake hp yang hasilnya lumayan lah tapi gak sebagus record DSLR.




P.s: gambar cover & gambar terkahir pake kamera hp ya, maklum kalo agak over-edit
Pengennya libur terus.

- Fery

  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

Comments