Ini Rekomendasi Tempat Untuk Berfoto di Kota Lama Semarang

By Fery Arifian - 3/28/2018



Jika Jakarta memiliki kawasan bernama Kota Tua, begitupun juga Semarang. Di Semarang, kawasan ini lebih sering dikenal dengan sebutan Kota Lama Semarang daripada Kota Tua. Kota Lama Semarang dulunya adalah pusat perdagangan pada abad ke 19. Tepat saat jaman kolonialisme Belanda di Indonesia.

Nggak jarang foto-foto kawasan Kota Lama Semarang ini muncul di explore Instagram saya. Saya yang memang suka sekali menyusuri wisata budaya dan wisata peninggalan bersejarah, dan saya excited ketika ngeliat foto-foto di kawasan Kota Lama Semarang. Cantik dan otentik. Bisa dibilang begitu.

Hari pertama menginjakkan kaki di Kota Lumpia ini, saya dan kedua orang teman saya Boby dan Raka menyusuri kawasan Kota Lama sekarang berangkat sekitar jam 10 pagi. Ya memang sudah agak siang, dan Semarang hari itu sedikit mendung. Walapun mendung tapi masih bisa dibilang panas. Karena saya jalan kaki aja udah keringetan huehe.

Sampai di kawasan Kota Lama Semarang, kita bertiga mengunjungi beberapa spot foto yang otentik banget di Kota Lama Semarang.

Gedung Marba

Kawasan Kota Tua Semarang
Gedung Marba ini dulunya bekas Kantor Pelayaran gitu, kenapa nama gedungnya Marba? Pas saya browsing-browsing di Internet ternyata gedung ini dinamai sesuai singkatan nama pembangunnya Marta Badjunet, seorang saudagar dari Yaman. 
Pedestrian di Depan Gedung Marba
Banyak bule
Kawasan Kota Lama saat itu sedang mendung
Gedung ini masih terlihat ada aktivitas di dalamnya, tapi karena saya nggak sempet masuk ke dalam buat tanya-tanya, jadinya saya cukup puas hanya dengan foto di depan gedung aja.




Gereja Blenduk

Gereje Blendug Semarang
Udah pake pose ganteng level max neh

Ini dia salah satu bangunan landmarknya Semarang, Gereja Blenduk. GPIB Immanuel atau biasa disebut Gereja Blenduk ini punya bangunan atap yang mirip seperti kubah yang melengkung (dalam Bahasa Jawa 'Mblendug'). 
Banyak bule
Dan Gereja ini katanya masih aktif digunakan untuk aktivitas peribadatan setiap minggunya lho. Arsitektur neo-klasik eropa membuat Gereja Blenduk ini terkesan unik banget. Dan jadi incaran wisatawan untuk sekedar foto di sekitar bangunan gereja ini.


Rumah Akar
Rumah Akar ini spot foto hits banget di Kota Lama
Salah satu spot 'adem' di kawasan Kota Lama Semarang. Karena hampir di setiap sudut Semarang jarang saya temukan tempat untuk berteduh, kawasan gang Rumah Akar ini bisa dibilang spot ngadem paling tepat ketika lelah menyusuri kawasan Kota Lama Semarang. Walaupun hari itu mendung, Semarang tetap panas. 
Abaikan orang pacaran yang ada di belakang wk
Tembok-tembok bangunan tua ini juga otentik banget

Nah, Rumah Akar ini selain bisa jadi spot foto-foto yang keren banget, juga bisa jadi tempat ngadem, karena ada beberapa pohon yang tumbuh di sekitar bangunan tua di tempat ini.


Enak buat ngadem
Banyak daun-daun


Kawasan Pedestrian di Jalan Letjen Suprapto Semarang


Kawasan Jalan Letjen Suprapto
Kawasan Pedestrian di sekitar 3D Trick Art Museum ini juga bisa jadi spot yang nggak kalah bagus untuk sekedar berfoto. Di kawasan pedestrian yang sudah tertata rapi dan apik ini pengunjung bisa leluasa berfoto dan berjalan kaki dengan bebas. 
Bagus juga buat foto-foto
Karena pedestrian ini sudah ditata rapi dan kawasan pedestrian ini juga bisa dibilang bersih banget. Nah, nggak jauh dari situ ada 3D Trick Art Museum Semarang. Di dalam museum ini banyak wahanan dan spot tipuan mata menarik yang seolah-olah nyata (3D), harga tiket masuknya sekitar Rp. 50.000,-. Karena saat itu saya dikerjar waktu, jadi saya nggak sempet buat masuk ke 3D Trick Art Museum.

Kawasan Pedestrian Kota Lama Semarang


Spiegel Bar & Bistro


Spot paling hits di depan bangunan Spiegel Cafe
Spiegel Bar & Bistro ini tidak hanya menjadi sebuah cafe yang enak buat nongkrong sambil menikmati suasana bangunan dengan nuansa Eropa yang kental. Tapi juga bisa jadi spot menarik untuk berfoto sembari menyusuri kawasan Kota Lama Semarang. Walaupun saya nggak masuk ke cafe-nya, tapi foto-foto di depan Spiegel udah bisa bikin saya seneng haha. Tempatnya Instagramable banget, apalagi kesan bangunannya minimalis white gitu.


Bangunan Spiegel ini masih asli seperti bangunan lamanya


Sebenarnya masih ada beberapa spot asik di kawasan Kota Lama Semarang, tapi karena hari itu saya harus beranjak ke destinasi lain jadi saya nggak bisa lama-lama di Kota Lama ini. Kota Lama Semarang ini bisa dibilang ngangenin, saya jadi pengen balik ke sana lagi. Suasananya otentik banget. 

Ke mana kah tempat yang akan saya kunjungi saat backpacking ke Semarang?

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

Comments