Anti Ribet Jelajahi Wisata di Thailand Dengan Traveloka Xperience

By Fery Arifian - 10/12/2019


"Investment in travel is an investment in yourself." 
– Matthew Karsten

Semenjak suka traveling, saya mendapatkan banyak sekali perubahan dan hal baru dalam diri saya. Dulu saya adalah orang yang gampang sekali minder, kurang percaya diri, dan bahkan cenderung introvert. Sekarang perlahan beberapa sifat itu mulai hilang dan saya menjadi pribadi yang optimis, terbuka, dan suka bertemu dengan orang baru. Ya, semua itu saya dapatkan setelah saya beberapa traveling sendirian.

Traveling bagi saya bukan hanya sekadar menghabiskan uang, foto-foto, pamer di sosial media, lalu pulang. Tapi lebih dari itu. Dengan traveling saya bisa mendapatkan banyak pengalaman baru, mendapatkan insight (pandangan) baru tentang sesuatu hal yang hanya bisa saya angan-angan, atau bahkan mendapatkan teman baru.

Seperti saat saya traveling ke Bangkok Thailand beberapa waktu yang lalu. Banyak pengalaman dan hal baru yang saya dapatkan setelah pulang dari sana. Bahkan beberapa hari setelah pulang saja saya masih merasa menyesal kenapa saya tidak memutuskan untuk beberapa hari lagi tinggal di sana. Dan sedikit menyesal kenapa saya kurang menjelajahi setiap sudut Kota Bangkok dengan berbagai keunikan budaya dan wisatanya.



Alasan kenapa saya kurang begitu puas dengan pengalaman liburan saya saat ke Thailand beberapa waktu yang lalu adalah kurangnya pengalaman berkunjung ke tempat-tempat menarik yang berkesan dari Thailand. Faktor waktu yang kurang begitu memungkinkan membuat saya juga harus rela menjelajahi Kota Bangkok hanya sebentar saja dan kemudian beralih ke kota lain seperti Pattaya.

Liburan singkat saya selama ke Thailand beberapa waktu yang lalu memang bukan liburan yang saya inisiasi sendiri. Saya harus mengikuti arahan dan itinerary yang dibuat oleh agen tour dan travel. Memang ada plus minus-nya berlibur dengan agen tour and travel, namun saya kemudian sadar jika ada beberapa hal yang membuat saya kurang sreg dengan destinasi dan itinerary yang diberikan.

Dan berikut ini adalah beberapa destinasi harapan saya jika dapat kesempatan untuk berlibur ke Thailand lagi. Beberapa destinasi ini bisa dibagi menjadi 2-3 hari jika ingin menjelajah ke semua wisata yang saya tuliskan berikut.

Jelajahi Heritage Places di Bangkok
Wat Arun. (Photo by Fery Arifian)
Setiap traveler pasti punya preferensi masing-masing. Ada yang suka dengan wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, atau bahkan wisata modern. Namun, saya lebih suka dengan wisata sejarah dan budaya. Karena bagi saya dengan berkunjung ke suatu tempat yang bersejarah, kita akan mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang tempat itu. 

Kunjungan saya ke Thailand yang lalu saya hanya bisa mengunjungi satu tempat bersejarah saja yaitu Wat Arun. Padahal saya ingin sekali berkunjug ke beberapa heritage places seperti Grand Palace, Wat Pho, dan beberapa temple bersejarah lainnya.
Salah satu sudut di area Grand Palace. (Photo by Fery Arifian)
Walaupun Bangkok adalah kota yang sudah sangat modern, kebudayaan dan sejarah di kota ini benar-benar masih bisa dirasakan oleh pengunjung. Salah satunya ya dengan berkunjung ke temple-temple yang tersebar di berbagai sudut Kota Bangkok. Beberapa temple yang jarang kebanyakan turis tahu seperti Wat Trimit, Wat Benchamabopit, dan Wat Phra Kaew adalah destinasi yang ingin sekali saya kunjungi. Karena jika membahas tentang Bangkok, pasti yang kebanyakan turis tahun hanyalah Grand Palace, Wat Pho, dan Wat Arun-nya saja. Padahal tidak hanya itu.

Tak hanya di pusat kota Bangkok saja, ada pula tempat bersejarah lain yang ta kalah menarik untuk dikunjungi. Yaitu Ayutthaya. Ayutthaya adalah sebuah kota yang sangat kental dengan sejarahnya. Bahkan kota ini ditetapkan oleh UNESCO ke dalam kategori World Heritage Places. Di kota ini pula kita bisa melihat beberapa sisa-sisa peninggalan kerajaan Ayutthaya seperti temple dan beberapa bangunan lain yang masih berdiri kokoh.

Melihat Pertunjukan Tari Tradisional dan Muay Thai Live
Pertunjukan tari tradisional Thailand yang dipadukan dengan unsur treatikal. (Photo by Fery Arifian)
Selain wisata sejarah, wisata budaya adalah hal yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Thailand. Dan apalagi jika bukan melihat pertunjukan tari tradisional Thailand. Saya memang orang yang suka sekali dengan pertunjukan seni tradisional. Salah satu pertunjukan yang ingin saya lihat adalah Khon, sebuah pertunjukan tari topeng Thailand yang dikemas dengan menarik lengkap dengan iringan musik tradisional dan dipertontonkan ala drama musikal.

Selain pertunjukan tradisional, ada pula pertunjukan lain yang menampilkan gabungan antara olah raga dengan seni pertunjukan yaitu Muay Thai. Muay Thai adalah sebuah seni bela diri Thailand yang memiliki banyak nilai sejarah. Seni bela diri ini bahkan sudah ada sejak zaman kerajaan Siam. Sebuah seni bela diri yang dipadukan dengan seni pertunjukan ini pasti akan sangat menarik untuk ditonton. 

Wisata Swafoto di LINE Village dan Madame Tussauds
Line Village Bangkok. (source: linevillagebangkok.com)
Nah, selain wisata heritage ada juga wisata modern yang wajib dikunjungi saat ke berlibur ke Thailand khususnya jika kamu stay di Kota Bangkok. Pertama, berswafoto di LINE Village. Di sini kita bisa berswafoto dengan beberapa karakter dari LINE App seperti Brown dan Cony. Dan di tempat ini pula kita bisa berfoto dengan berbagai latar belakang yang sangat Instagramable. Pastikan juga membeli oleh-oleh khas LINE Village yang tidak akan bisa ditemukan di manapun.

Kemudian ada juga Madame Tussaud. Museum dengan patung lilinnya yang terkenal ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk swafoto. Beberapa karakter terkenal seperti Christiano Ronaldo, Mantan Presiden Amerika Obama, Marilyn Monroe, sampai patung Presiden Jokowi pun ada. Ukuran patung dibuat semirip mungkin dengan tokoh aslinya agar pengunjung merasakan #XperienceSeru seperti berfoto dengan tokoh idola. Lokasi Madamme Tussauds ini berada di dalam Siam Dicovery, dan padahal saat saya berkunjung ke MBK Mall lokasinya sangat dekat sekali. Namun lagi-lagi waktu dan kesempatan kurang memungkinkan saya untuk berkunjung ke sana.
Patung Christiano Ronaldo di Madamme Tussauds Bangkok. (source: madammetussauds.com)

Anti Ribet Jelajahi Wisata Thailand Dengan Traveloka Xperience

Dari beberapa tempat yang ingin saya kunjungi tersebut, semuanya jelas butuh yang namanya tiket masuk, transportasi, dan segala macamnya. Karena merencanakan liburan ke luar negeri itu susah-susah gampang, jadi harus dipikirkan secara matang-matang. Jangan sampai kita sudah pesan tiket namun ternyata harga dan fasilitas yang ditawarkan kurang worth it. Ditambah lagi kesibukan dan rutinitas sehari-hari kadang bikin kita tidak punya banyak waktu untuk mengurus segala macam tentang tiket dan transportasi yang diperlukan sebelum berlibur ke luar negeri.

Tenang, sekarang Traveloka punya fitur baru yang siap membantu perjalanan kamu agar lebih mudah dan praktis. Traveloka meluncurkan fitur baru bernama Traveloka Xperience. What apa tuh Traveloka Xperience? Traveloka Xperience adalah fitur yang disediakan Traveloka untuk membantu kita dalam memilih aktivitas rekreasi dengan harga yang terbaik. Di mana ada 12  pilihan kategori yang bisa membantu kita dalam menentukan aktivitas dan tempat apa yang akan dilakukan saat berlibur.

Aktivitas ini nggak cuman tersedia di Indonesia saja, tapi juga di luar negeri. Khususnya Thailand. Kamu bisa memilih kota mana yang akan dituju, tinggal ketik nama negara dan kota yang akan dituju, langsung keluar deh berbagai paket aktivitas wisata yang disediakan.

Kebetulan sekali dari beberapa tempat yang ingin saya tuju langsung muncul di pilihan layar aplikasi Traveloka saya. Di situ saya bisa melihat info dan deskripsi lengkap tentang harga tiket dan fasilitas apa saja yang akan kita dapatkan jika memilih paket aktivitas rekreasi tertentu.

Info yang disediakan pun juga lengkap dan jelas banget. Mulai dari fitur konfirmasi instan, paperless (tiket digital), apakah tiket masih tersedia, hingga jam buka tempa wisata yang akan dituju. Selain itu informasi lain seperti cara penukaran tiket, kebijaksanaan pembatalan, syarat dan ketentuan pun juga sudah tertera. Gampang banget tinggal scroll-scroll trus pilih, baca ringkasan dan fasilitas apa saja yang ingin diambil, trus bayar deh.

7 Ragam Aktivitas yang Bisa Kamu Pesan di Traveloka Xperience

1. Atraksi

Berkunjung dan mencoba berbagai wahana menarik yang menantang adrenalin serta menambah pengalaman baru adalah hal yang paling dicari ketika traveling. Berenang di waterpark, merasakan sensasi naik roller coaster, hingga berfoto di tempat instagramable, semua bisa didapatkan di kategori atraksi ini.

Di Traveloka Xperience kamu bisa menemukan berbagai paket wisata atraksi seperti Trans Studio, Miniapolis, Dunia Fantasi, hingga Jatim Park dengan harga yang super hemat. Dijamin bakalan dapet #XperienceSeru deh pastinya.

2. Bioskop

Siapa bilang pesen tiket bioskop harus antre di bioskop langsung? Bahkan di Traveloka Xperience kamu juga bisa lho pesan tiket bioskop dari rumah. Kamu bisa memilih bioskop mana yang ingin kamu tuju. CGV, Cinemaxx, ataupun FLIX? Semua tersedia. Kemudian kamu juga bebas memilih film, jadwal menonton, dan tempat duduk sesuka hati. Lanjutkan dengan metode pembayaran apa saja dan berhasil deh. Tinggal dateng ke bioskop dan cetak e-ticket kamu tanpa harus antre lagi di loket. Praktis bukan?

3. Hiburan

Jika bosan mengunjungi tempat wisata, kamu juga bisa memilih hiburan yang disediakan Traveloka Xperience. Ingin pergi karaoke bareng temen? Bermain bersama anak di taman indoor maupun outdoor? Semua bisa dicari di kategori hiburan. Bye-bye deh dari kata bosan.

4. Tur

Ingin merasakan sensasi keliling tempat-tempat bersejarah tapi males ribet ngurus itinerary sendiri? Bisa banget pilih kategori tur yang disediakan Traveloka Xperience. Dengan memilih kategori ini kamu akan bisa menemukan berbagai paket tur menarik mulai dari tur sejarah dan tur wisata lainnya yang pastinya gampang banget. #XperienceSeru yang bakal kamu dapat juga bisa dirasakan bareng teman ataupun keluarga lho.

5. Olah raga

Mau liburan tapi tetap ingin bugar? Lewat Traveloka Xperience kamu juga bisa melakukan berbagai jenis olah raga yang kamu inginkan. Aktivitas seperti berenang, fitness, climbing, bela diri, ataupun bermain trampoline bisa kamu cari di Traveloka Xperience. Semua tiket masuknya bisa kamu cari dan beli di sini. Sekarang ingin sehat sembari liburan juga bisa kan?

6. Spa & Kecantikan

Capek bermain di luar rumah tapi ingin tetap punya wajah yang shining shimerring splindid? Bisa banget diatur. Cukup dengan pilih kategori Spa & Kecantikan lewat Traveloka Xperience, kamu bisa menemukan berbagai pake Spa & Kecantikan dengan harga yang hemat. Walaupun lagi liburan, perawatan diri juga harus dong ya.

7. Event

Buat kamu yang suka banget nonton konser atau event tertentu, Traveloka Xperience juga memberikan pelayanan berupa kategori Event. Di mana kamu bisa mendapatkan tiket menonton artis atau band favoritmu tanpa harus antre di ticket box dan nggak perlu khawatir kehabisan tiket. Traveloka Xperience bekerja sama dengan berbagai promotor populer, mulai dari konser hingga event sirkus semua bisa kamu dapatkan.

Dengan Traveloka Xperience, semua hal tadi bisa kamu dapatkan hanya dengan sentuhan jari saja. Dan pastinya bakal banyak #XperienceSeru juga yang menanti untuk dirasakan. FYI, dengan Traveloka Xperience ini, kamu juga nggak bakal menyesal, karena saya sudah membuatkan beberapa keuntungan memakai Traveloka Xperience di infografis berikut.

Jadi itu beberapa info yang bisa saya berikan. Harapan saya dengan adanya info ini, kamu nggak perlu lagi ngurus ini itu dan buang-buang waktu buat beli tiket dan nyusun itinerary lagi. Cukup dengan Traveloka Xperience semua bisa kamu lakukan. Mulai dari tur wisata, menonton konser, memanjakan diri, sampai olah raga pun juga ada.

Dijamin bakal banyak #XperienceSeru yang kamu dapat juga nantinya. So, tunggu apa lagi? Udah deh buruan install Traveloka dan cari paket wisata sesuai dengan pilihan hatimu di Traveloka Xperience!


Disclaimer:
Artikel ini diikutsertakan ke dalam #TravelokaBlogContest2019

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Wah informasi yang menarik, baru tau kalo Traveloka punya fitur sekeren ini

    BalasHapus

Comments