Bingung Menentukan Resolusi di Tahun 2019? Ini Langkah-langkahnya!

By Fery Arifian - 1/22/2019


Nggak kerasa udah ada di minggu terakhir di bulan Januari 2019 aja. Padahal saya merasa kayaknya baru kemarin deh saya menuliskan beberapa Resolusi 2018 di secarik kertas dan saya baca kembali di awal bulan Januari tahun ini.

Ngomongin soal resolusi di awal tahun, lumayan banyak teman-teman saya yang bertanya kepada saya "Penting nggak sih nulis Resolusi di awal tahun?", dan pertanyaan itu kembali disambung dengan sebuah statement "Halah entar juga cuman jadi angan-angan doang kalau nggak kesampaian."
Well, saya pribadi kurang begitu setuju dengan statement tersebut. Karena menurut saya menulis resolusi atau harapan di awal tahun itu sangat penting. 



Berkaca dari pengalaman pribadi di tahun 2018 kemarin. Saya menuliskan beberapa resolusi di selembar kertas yang kemudian saya selipkan di sudut kamar agar tidak bisa dibaca siapapun dan hanya bisa saya baca ketika akhir tahun 2018.

Dan setelah membaca resolusi tahun kemarin saya otomatis kaget dan senyum-senyum sendiri. Ternyata 5 dari 8 resolusi yang saya tuliskan terwujud. Terlepas dari itu ada beberapa resolusi yang memang gagal atau belum terwujud seperti salah satunya resolusi buat punya pacar. Antara halu atau pas lagi random, saya pun baru nyadar kok bisa-bisanya saya nulis resolusi punya pacar. (yha gini kalau udah lama nge-jomblo haha)

Dari sini saya menyadari sesuatu bahwa menuliskan resolusi di awal tahun itu benar-benar penting dan bermanfaat sekali. Karena...



That's why, saya akan memberikan tips tentang "Cara Menentukan Resolusi di Awal Tahun". Apa aja sih? Check this out!

1. Tentukan Prioritas
Tentukan prioritas sebelum membuat resolusimu (Pic source: Freepik)
Sebelum menuliskan resolusi 2019, kamu harus menentukan prioritas harapan dan keinginan yang ingin kamu raih. Misalkan di tahun 2019 ini kamu diwajibkan wisuda karena udah semester akhir kayak saya jadi prioritaskan harapan dan keinginan kamu di urutan pertama. 

2. Tulis Resolusimu
Jangan lupa tulis resolusimu juga (Pic Source: Freepik)
Kenapa harus di tulis? Karena dengan kita menuliskan harapan dan keinginan kita maka otak kita juga akan mengingatnya di alam bawah sadar kita. Tuliskan apa yang jadi prioritas dari awal sampai akhir. Semakin ke bawah maka prioritas harapan dan keinginan kamu akan semakin kurang dibutuhkan. Eits, tapi bukan berarti resolusi yang paling akhir jadi alasan buat nggak diwujudkan lho ya!

3. Simpan di Tempat Aman
Kamu juga bisa menuliskannya di laptopmu (Pic Source: Freepik)
Setelah menuliskan resolusi kamu, jangan lupa untuk menyimpannya di tempat yang aman dan mudah diakses. Selain memakai metode menuliskan di kertas, kamu juga bisa menuliskannya di notes smartphone kamu dan jangan lupa kasih reminder untuk dibuka di akhir tahun ya. 

4. Bikin Reminder
Jangan lupa pasang reminder (pic source: Freepik)
Bikin prioritas udah, nulis udah, menyimpan pun juga udah. Sekarang pasang reminder di smartphone kamu untuk membuka kembali resolusimu di akhir tahun. Tapi cara ini bisa jadi opsi lain karena menjelang akhir tahun, semua teman-temanmu pasti akan memposting beberapa hal tentang resolusi mereka di tahun lalu dan akan datang. Auto-ingat, pasti kamu juga bakal melihat kembali resolusimu di tahun lalu kan?

5. Yakinlah Bahwa Resolusimu Akan Terwujud!
Yakin adalah koentji! (pic source: freepik)
Jangan lupa untuk yakin dengan resolusi yang udah kamu tuliskan! Karena buat apa menginginkan sesuatu kalau kamu tidak yakin dengan dirimu sendiri? Trust yourself more than you trust someone else! Do it!

Nah, dari beberapa langkah di atas sudah dipastikan Resolusi Tahun 2019 yang kamu bikin akan tepat dan benar. Based on my experience, dengan memakai beberapa langkah itu harus juga dilandasi dengan langkah pamungkas yang paling penting, yaitu JANGAN LUPA BERDOA

Walaupun sengaja nggak saya tuliskan tapi langkah pamungkas yang satu ini juga nggak boleh diremehkan lho. Ngomongin soal resolusi, kira-kira apa aja sih Resosuli di Tahun 2019 yang udah saya tulis juga? Pasti kamu juga penasaran kan?
Resolusi 2019 ala saya
Dari sekian resolusi 2019 yang saya tulis, saya akan share beberapa resolusi saya di sini. Yang pertama adalah PUNYA STUDIO FOTO (PEMASARAN BERBASIS ONLINE), kemudian MENGOPTIMALKAN PERFORMA BLOG, dan ada juga RUTIN MEMBUAT VLOG.

Dari 3 resolusi yang saya sebutkan tadi pastinya ada kendala dan tantangan yang harus saya hadapi. Kendala itu adalah saya kurang bisa berkecipung di dunia DIGITAL MARKETING, kemudian saya nggak terlalu paham tentang WEB PROGRAMMING & SEO, dan juga saya masih harus BELAJAR MENGEDIT VIDEO YANG BAGUS.


Nah, kira-kira gimana cara saya mengatasi kendala dan tantangan itu?

Setelah mencari info kesana kemari akhirnya saya menemukan solusinya. That's DUMET SCHOOL. Kenapa harus DUMET School? Karena DUMET School adalah lembaga kursus yang menyediakan paket lengkap dalam mengajarkan semua tentang Website, Digital Marketing, Desain Grafis bahkan sampai Video Editing, lho.
Sekilas tentang DUMET School
Dengan kursus di DUMET School, kita juga bisa menyesuaikan jadwal kursus, jadi fleksibel banget dan nggak perlu mencari jam-jam khusus buat belajar di DUMET School. Selain itu, kita juga bakal diajari sampai bisa, dan bahkan kita bisa konsultasi kapanpun yang kita mau walaupun udah lulus atau udah selesai dari masa kursus lho. Wih keren nggak tuh?
Kentungan Kursus di DUMET School
Kira-kira ada batasan usia nggak buat ikut kursus?

Jawabannya... nggak ada! Semua boleh ikutan kursus dan belajar di DUMET School. Terbukti sebanyak 8000+ lulusan DUMET School ini dari segala usia dan bahkan profesi. Ada mahasiswa, pelajar, dosen, dan bahkan karyawan. Karena ada pepatah yang bilang we are never too old to learn! Mantul nggak tuh?
Pilihan Paket Kursus DUMET School
WEB MASTER | WEB PROGRAMMING | DIGITAL MARKETING | GRAPHIC DESIGN

DUMET School sekarang juga udah punya beberapa cabang di JABODETABEK. Sejak didirikan tahun 2013 lalu, sekarang DUMET School udah punya 5 cabang berbeda seperti di daerah Kelapang Gading, Grogol, Tebet, Srengseng, dan Depok.



Masih belum yakin buat ikutan kursus?

Tenang, DUMET School juga ngasih fasilitas berupa free trial buat kamu yang masih belum yakin buat ikutan kursus. Free trial ini adalah fasilitas KELAS GRATIS yang bisa kamu coba. Nah, buat info lebih lengkapnya klik aja link berikut ini. GRATIS!

DUMET School juga sudah banyak melahirkan lulusan yang kreatif dan pastinya puas dengan apa yang telah mereka dapatkan selama kursus di DUMET School. Nah, salah satu testimoninya bisa dilihat di postingan Instagram DUMET School berikut!



Sekarang udah nggak perlu khawartir lagi soal Resolusi 2019 yang bakal terwujud atau tidak karena DUMET School memberikan paket lengkap kursus yang sesuai dengan apa yang saya butuhkan. Wah jadi nggak sabar buat terus creating creative contents nih.



Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa saya tuliskan buat kamu biar Resolusi 2019-mu terwujud dan nggak cuman jadi wacana aja. Kira-kira Resolusi kamu di tahun 2019 apa aja nih? Tulis di kolom komentar ya!


  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Wah mantap infografisnya. Nice info 👍

    BalasHapus
  2. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

    BalasHapus

Comments