Sehari Menjadi Orang Jepang di The Onsen Hot Spring Resort Batu

By Fery Arifian - 2/08/2019


Dulu waktu saya masih SMA, saya suka banget sama apapun yang berhubungan dengan Jepang. Berawal dari ketularan temen sekelas yang suka banget sama idol group lokal peranakan Jepang, sebut saja Jeketi. Sampai ketularan suka juga sama anime dan film-filmnya. Bukannya saya ikut-ikutan suka biar dianggep keren dan ikutan kala itu. Tapi entah kapan dan kenapa saya (pernah) suka hal-hal berbau Jepang. Meskipun sekarang juga masih suka dikit-dikit sih haha.

Semenjak kuliah saya udah mulai nggak terlalu suka sama grup idol cewek-cewek Jepang. Tapi kadang saya masih ngikutin perkembangan anime-anime yang lagi hype atau lagi rame dibahas temen-temen. FYI, saya bukan bagian dari WIBU yang fanatik banget sama Jejepangan. Sebatas suka yang wajar-wajar aja sih sekarang haha.

Tren Jejepangan semakin ke sini semakin terkikis sama tren Korea-koreaan. Yang nggak kalah bikin saya heran sama diri sendiri, entah kenapa saya juga hafal sama lagu-lagu Blackpink. Enggak kok, saya nggak begitu tahu dan paham tentang Korea. Saya aja nggak tahu kalau Lisa Blackpink asalnya dari Thailand. Saya juga nggak begitu tahu kalau Miyawaki Sakura member HKT48 sekarang berkiprah di Korea bareng grup barunya IZ*ONE. 

Lah, itu mah tahu banget Bambang! wkwk

Berawal dari kerjaan buat review dan ngeliput salah satu Resort yang ada di Kota Batu. Akhirnya saya menuliskan postingan ini. Ya, salah satu resort yang saya bahas kali ini punya konsep ala-ala Jepang. Makanya nggak heran resort ini rame banget dan nggak kalah rame sama tempat wisata semacam Jatim Park 3.


Resort ini bernama The Onsen Hot Spring Resort Batu, letaknya ada di Jalan Arumdalu, Songgoriti, Kota Batu. Jangan berfikiran macem-macem kalau ada kata Songgoriti ya lov. Apalagi kamu yang anak Malang atau Jawa Timur asli pasti udah tau stereotip apa yang melekat sama nama daerah ini. #IYKWIM
Udah kayak di Jepang kan?
Justru karena letaknya ada di Songgoriti, bikin resort ini punya pemandangan yang bagus banget. Karena letaknya dikelilingi gunung dan perbukitan di sekitar wilayah Kota Batu. Ditambah lagi hawanya yang sejuk dan semriwing.

Untuk masuk ke sini pengunjung bakal ditarik biaya 50k saat melewati pos satpam. Tiket masuk itupun nanti bakalan dapet voucer yang bisa dituker di Lobby buat dapet goodie bag berisi 2 botol minuman. Karena emang udah kebijakan dari Resort, jadi pengunjung yang non-tamu pun boleh masuk ke kawasan resort walaupun nggak nginep di sini. Nah, buat tamu yang udah booking tinggal masuk aja ke Lobby.
Gerbang Kuil atau Tori yang jadi ikon Jepang
Dari Lobby naik ke atas dikit, kalian bakal disambut sama spot foto yang paling iconic dan Instagramable dari tempat ini. Apalagi kalau bukan spot gerbang kuil ala Jepang, jembatan merah, sama taman yang lengkap dengan replika pohon sakura. 
Foto di mana aja juga bagus
Nah, setelah melewati jembatan kalian bisa mampir ke Fushimi Restaurant. Banyak menu makanan Jepang yang bisa kalian pesan di sini. Harganya memang relatif pricey. Tapi worth it sih antara rasa dan kualitas makanannya. 

Saya memesan Volcano Sushi untuk 2 orang. Karena saya alergi makanan mentah, menu ini aman buat dimakan karena dimasak dulu dan mateng. Tapi buat kalian yang suka makanan mentah ala-ala Jepang bisa banget pesen menu lain kayak Shake Nigiri. Atau yang suka banget makan mie bisa juga pesen Ramen di sini.
Shake Nigiri
Setelah kenyang makan-makan di Fushimi Restaurant, saya lanjut menyusuri kawasan resort. Bangunan villa di resort ini unik banget, persis seperti rumah tradisional Jepang. Nama-nama setiap villa pun juga menggunakan nama-nama kota di Jepang seperti Tokyo, Sapporo, Nagoya, dan kawan-kawannya. Desain interiornya juga mirip banget sama rumah khas Jepang. Pakai lantai kayu atau bahasa Jepangnya Tatami. Dan pintunya juga didesain mirip seperti pintu khas rumah Jepang.
Ini kamarnya (photo by @theonsenresortbatu)


Untuk menginap di The Onsen Resort Batu ini per-malam sekitar 2.500k untuk 4 orang. Jadi kalau mau menginap di sini bisa patungan kan buat berempat. Bed yang digunakan juga bukan bed seperti kebanyakan resort, tapi pakai futon atau kasur Jepang yang mirip kayak di kartun Doraemon. 
Udah kayak samurai belum?
Nggak lengkap kan kalau udah ke tempat bagus tapi nggak foto-foto pakai outfit yang match gitu. Nah, di sini juga disewakan Yukata atau Kimono buat tamu dan pengunjung. Harga sewanya 100k untuk Yukata cowok, dan 150k untuk Yukata cewek. Waktu jam sewanya dibatasin 2 jam aja per-kostum.
Kaku banget mas kek plastik laminating!
Nah, yang nggak kalah penting dari The Onsen Resort Batu ini adalah.... Onsen-nya!

Onsen (温泉) adalah Bahasa Jepang dari kolam air panas. Kalau di Jepang biasanya Onsen didesain khusus seperti pemandian yang digunakan rame-rame, begitu juga di sini. Tapi... bedanya di sini pria dan wanita dipisah ya, yaa walaupun di Jepang juga ada Onsen campuran, kan nggak mungkin diterapin di Indonesia juga haha.
Genki Onsen
Masuk ke Genki Onsen buat tamu yang menginap gratis alias nggak usah bayar, tapi buat pengunjung yang nggak nginap musti bayar 150k per-orang. Nanti bakal dikasih handuk dan celana boxer sekali pakai buat cowok, atau kemben (semacam sarung) buat cewek. Kalau di Jepang sih katanya gak boleh pakai apa-apa pas masuk Onsen. Tapi karena orang Indonesia nggak mungkin saling bertelanjang bersama ya kan makanya dikasih boxer haha. 
Bagian dalam Onsen (photo by @theonsenresortbatu)
Sebelum nyemplung ke Onsen harus bilas badan dulu di shower kecil yang udah disediain juga tempat duduk dari kayu. Setelah bilas dianjurkan buat nyemplungin kaki dulu ke air panas. Perlahan namun pasti, saya pelan-pelan nyelupin anggota tubuh dari bawah ke atas. FYI, kandungan belerang di air panas ini katanya bagus buat kulit. Jadi Onsen memang didesain khusus seperti Onsen asli yang ada di Jepang. Jangan ditanya deh saya betah berapa jam di sini. Hampir dua jam! Gokil.

Pas masuk ke Onsen sepi banget nggak ada orang, cuman ada saya doang. Tapi setengah jam berendam tiba-tiba ada 2 orang keluarga yang masuk juga. Sialnya waktu saya udahan dan bilas badan di shower yang tertutup, tiba-tiba tirai saya dibuka sama anak kecil yang tanpa dosa sambil ngetawain saya. Untung nggak ada yang ngeliat. Hadeh.
Villa Hiroshima dan Nakayama
Jadi, buat kalian yang pengen banget staycation di resort. Saya rekomendasikan buat stay di The Onsen Resort Batu. Karena selain konsep resortnya unik, pemandangan dan fasilitas yang diberikan pun juga worth it banget.

The Onsen Hot Spring Resort Batu
Jl. Arumdalu, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65312
Instagram: @theonsenresortbatu


  • Share:

You Might Also Like

7 komentar

Comments