Jelajahi Wisata Halal Australia Bersama Cheria Halal Holiday

By Fery Arifian - 11/27/2019

Wisata Halal Tour Australia - Cheria Halal Holiday
Australia negeri wool (katanya.. katanya..)
Aborigin sukunya (katanya.. katanya..)
Bumerang senjatanya (wow.. wow..)
Kangguru binatangnya..



Jika berbicara soal Ausralia, penggalan lirik lagu anak-anak di atas itu bisa jadi hal pengingat paling 'ngena' buat saya sampai sekarang. Sejak kecil saya selalu penasaran dengan bagaimana pemandangan dan suasana di luar negeri. Alhasil waktu saya kecil yang paling saya ingat adalah beberapa lirik dari lagu Trio Kwek-kwek yang berjudul "Katanya" tersebut.

Menjelang usia remaja, gempuran era internet dan kecanggihan dunia digital membuat saya akhirnya bisa tahu bagaimana suasana dan pemandangan negeri di luar Indonesia seperti Australia, Eropa, dan Amerika. Ternyata lirik lagu Katanya yang sedari kecil ini melekat di otak saya pun tervisualisasikan dalam bentuk foto dan video.

Ya, sejak kecil saya memang suka sekali dengan berbagai hal yang berhubungan dengan budaya dan bahasa. Setiap jam pelajaran Bahasa Inggris, saya selalu bersemangat untuk mengikuti dari awal hingga akhir. Motivasi saya bukan untuk mengejar nilai sempurna, tetapi agar saya jago Bahasa Inggris dan bisa saya gunakan untuk bepergian ke luar negeri.

Pernah suatu ketika, guru Bahasa Inggris saya di bangku SMP pernah mendatangkan seorang native speaker dari Australia. Katakanlah namanya Mr. John. Mr. John ini punya karakter yang menyenangkan dan banyak berbicara mengenai dirinya serta negara asalnya, Australia. Sejak saat itu saya pun mulai penasaran dengan benua terkecil yang letaknya tidak jauh dari Indonesia ini. Berbeda dari negara-negara di kawasan Asia, Australia memiliki kultur dan iklim yang berbeda dari Indonesia khususnya kawasan Asia Tenggara. Australia bisa dibilang sebagai benua terkecil dengan berbagai macam latar belakang penduduk, suku, agama, ras, dan budaya. Oleh karenanya, bisa dibilang walaupun Australia ini benua terkecil tapi bisa dikatakan sebagai miniatur dunia.

Wisata Halal dan Muslim Friendly ke Luar Negeri? Mungkinkah?
Wisata Halal Tour Australia - Cheria Halal Holiday

Sejak saat itu saya berkeinginan untuk traveling ke luar negeri dan merasakan sendiri suasana perbedaan bahasa dan budaya itu seperti apa. Namun, selalu yang terlintas di pikiran saya bukan melulu soal biaya, tapi juga soal keamanan dan kenyamanan selama di luar negeri. Keamanan dan kenyamanan ini muncul dalam bentuk pertanyaan "apakah ketika di luar negeri saya bisa makan makanan halal?" dan "apakah selama di luar negeri saya bisa menemukan masjid dan menunaikan kewajiban saya sebagai seorang muslim?". 

Ya, pertanyaan tersebut selalu muncul di pikiran saya. Karena kita tidak akan tahu bagaimana kondisi dan budaya negeri yang akan kita kunjungi karena tentu berbeda dengan Indonesia, di mana kedua pertanyaan tersebut bukan lagi jadi sebuah kekhawatiran. Sebagai seorang muslim, saya harus memegang teguh apa yang sudah menjadi kepercayaan saya, di mana saya harus menjalankan shalat lima waktu dan makan makanan yang halal. Ini memang soal keyakinan, tapi setiap orang pasti punya keyakinan dalam memeluk agamanya masing-masing bukan?

Karena itu saya kemudian mencari berbagai solusi bagaimana saya bisa tetap nyaman traveling namun tidak meninggalkan kewajiban dan tuntutan keyakinan saya sebagai seorang muslim. Dan istilah Halal Tourism lah jawaban atas segala keraguan tadi. 
Wisata Halal Tour Australia - Cheria Halal Holiday

Belum banyak agen travel yang menyediakan destinasi halal ketika bepergian ke luar negeri, khususnya ke negara yang memiliki penduduk multikultur dan multifaith. Dan bahkan beberapa agen travel juga belum memiliki ijin resmi serta reputasi yang baik. Sebagai seorang traveler, tentu perhitungan dan persiapan yang matang juga menjadi faktor yang harus diterapkan. Jangan sampai ketika kita ingin bersenang-senang tapi malah tertipu dengan agen travel abal-abal dan tidak resmi.

Setelah beberapa saat keraguan tadi menyelimuti pikiran dan hati saya, akhirnya saya mendapatkan sebuah pencerahan dan info yang valid di mana ada sebuah agen travel halal yang sangat terpecaya, resmi, dan punya reputasi yang baik. Ya, Cheria Halal Holiday adalah jawaban dari segala keraguan dan keresahan saya.

Sekilas Tentang Cheria Halal Holiday


Cheria Halal Holiday hadir sebagai jawaban atas keresahan saya sebagai muslim traveler. Berdiri sejak tahun 2012, Cheria Halal Holiday menyediakan berbagai macam paket tour muslim dalam dan luar negeri. Tak hanya melayani paket tour ziarah seperti haji dan umroh atau mengunjungi berbagai destinasi sejarah di timur tengah, Cheria Halal Holiday juga menyediakan berbagai paket tour muslim ke berbagai penjuru dunia. Mulai dari Asia, Eropa, dan yang terbaru adalah Australia.

Beralamat di Gedung Twink lantai 2, Jalan Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, membuat Cheria Halal Holiday menjadi agen travel yang kredibel dan dapat dipercaya. Terkadang kita tahu beberapa agen travel yang tidak memiliki alamat dan kantor resmi, that's why Cheria Halal Holiday adalah agen travel yang sudah terpecaya dan terbukti punya beberapa track record yang bagus.

Tak hanya itu saja, tentu Cheria Halal Holiday juga sudah mengantongi izin atau legalitas resmi lho. Legalitas PT Cheria Tour and Travel:
  • TDP 36/2014 Tanggal 7 Januari 2013 Dinas Pariwisata DKI Jakarta 
  • Member International Air Transport Association (IATA) dengan Nomor 15314132 
  • Agen Barokah Madinah Tour & Travel izin resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia pada tanggal 20 Juli 2016 dengan nomor 368 tahun 2016.
Dari situ terbukti bahwa Cheria Halal Holiday adalah agen travel yang resmi, terpecaya, dan bukan abal-abal. Berbicara soal destinasi yang ditawarkan, Cheria punya banyak sekali destanis wisata halal dalam dan luar negeri. Tapi di postingan kali ini saya tidak akan membahasnya satu persatu, karena saya ingin membahas destinasi wisata halal ke Australia bersama Cheria Halal Holiday.

Destinasi Wisata Halal Australia Bersama Cheria Holiday
Wisata Halal Tour Australia - Cheria Halal Holiday
Halal Tour Australia bersama Cheria Halal Holiday. (Foto: Cheria Holiday)
Beberapa destinasi wisata di Australia ini bisa dibilang adalah destinasi yang wajib dikunjungi dan paling ikonik dari Australia. Cheria Halal Holiday memberikan pelayanan berupa beberapa pilihan destinasi wisata yang memberikan pengalaman dan kesan tak terlupakan. Nah, kira-kira destinasi apa saja yang bakal dikunjungi? Yuk simak beberapa ulasan destinasi wisata berikut.

Sydney Opera House
Wisata Halal Tour Australia - Cheria Halal Holiday
Sydney Opera House. (Photo by Brett Stone/pexels)
Sesampainya di Sydney, kita bakal diajak untuk berkunjung dan sekadar berfoto di destinasi paling ikonik dari Australia, yaitu Sydney Opera House. Kita bakal dimanjakan dengan keindahan landscape Sydney Opera House dan berbagai pertunjukan di dalamnya. Tak jauh dari lokasi Opera House, kita juga bakal diajak untuk mengunjungi spot ikonik lain yaitu Mrs. Macquarie Chairs. Yaitu sebuah objek wisata dengan latar belakang Sydney Opera House dan terdapat sebuah batu panjang dengan berbagai penjelasan dan sejarah yang tertera di sana. Di sini juga cocok untuk dijadikan tempat berpiknik lho saat musim hangat karena lokasinya yang dekat dengan Botanic Garden.

The Rocks
The Rocks Sydney. (Photo from tripsavvy.com)
Masih di area dekat Sydney Opera House, kita bisa menyusuri kawasan The Rocks. Yaitu kawasan tertua yang yang ada Sydney. Di sini kita bisa melihat berbagai arsitektur klasik yang menarik dari masa kolonial sekitar tahun 1800-an. Di kawasan ini kita bisa melihat sejarah dan sisi kelam masa kolonial tersebut dengan menyusuri berbagai spot menarik dan menghadirkan kesan kuno. Pecinta wisata heritage seperti saya bakal dimanjakan jika berunjung ke kawasan ini.

Desert Safari Tour & Sand Tobogganing at Tangalooma
Desert Safari Tour Tangalooma Moreton Island. (Photo from tangalooma.com)
Hari selanjutnya kita akan bertandang ke Kota Brisbane dengan pesawat domestik dari Sydney, kemudian menuju Pulau Moreton dengan naik kapal ferry. Sesampainya di Pulau Moreton, kita akan diajak menuju ke spot menarik di Tangalooma. Tak lain spot ini adalah spot untuk menikmati wisata seluncuran di atas pasir. Pengalaman menarik ini bakal didapat selama berada di Tangalooma. Wah pasti seru banget nih main sandboarding di sini.

Movie World Gold Coast
Movie World Gold Coast. (Photo from cheria-travel.com)
Bertandang ke sisi tenggara Kota Brisbane, destinasi selanjutnya yang bisa dituju adalah Movie World yang berada di Gold Coast. Wahana yang yang satu ini bisa dinikmati bersama keluarga dan rombongan, karena di sini kita bisa menyaksikan berbagai atraksi menarik bertemakan film seperti Hollywood Stunt Driver dan Stret Stars Parade. Selain itu kita juga bisa melihat berbagai karakter action figure dalam film Warner Bros seperti Looney Tunes, Batman, Superman dan lain-lain. Pastikan baterei kamera penuh ya agar bisa berfoto di sini sepuasnya.

Keliling Kota Melbourne
Melbourne City. (Photo by Weyne Yew/Unsplash)
Di hari selanjutnya, perjalanan dilanjutkan menuju ke Melbourne dengan menggunakan pesawat. Di sini kita akan diajak untuk mengunjungi berbagai spot wisata menarik Fitzroy Garden, Shrine of Remembrance, St. Patrick's Cathedral, dan Queen Victoria Market. Tak hanya itu saja, kita juga bisa menikmati pilihan wisata lain seperti menggunakan fasilitas trem gratis untuk berkeliling Kota Melbourne atau melihat parade pinguin di Phillips Island.

Dari beberapa pilihan destinasi wisata di atas, sudah bisa dibayangkan gimana excited-nya Australia buat dikunjungi. Perjalanan selama beberapa hari di Australia pasti akan memberikan pengalaman dan kesan yang sangat berharga. That's why saya juga pengen banget ke Australia.


Harga dan Fasilitas yang Ditawarkan

Ada beberapa perbedaan harga dan fasilitas yang diberikan untuk tour ke Australia ini menyesuaikan dengan jumlah hari dan destinasi yang akan dikunjungi. Semua informasi tentang harga dan fasilitas bisa disimak pada infografis berikut.
Wisata Halal Tour Australia - Cheria Halal Holiday

Cara Pemesanan Halal Tour Australia

Setelah membaca beberapa destinasi di atas, pasti kamu bakal tertarik buat segera pesan bukan? Saya aja juga pengen. Nah, jika kamu ingin memesan paket halal tour Australia bersama Cheria Holiday kamu bisa mengikuti beberapa cara dan langkah berikut.
Wisata Halal Tour Australia - Cheria Halal Holiday

Pertama, kamu bisa buka website resmi Cheria Halal Holiday yaitu www.cheria-travel.com. Di situ kamu bakal menemukan berbagai paket menarik dengan berbagi destinasi ke segala penjuru dunia. Namun, untuk pake halal tour ke Australia, kamu bisa mengunjungi link https://www.cheria-travel.com/2019/09/wisata-halal-australia.html.

Wisata Halal Tour Australia - Cheria Halal Holiday

Cara yang kedua, kamu bisa meng-install aplikasi Halal Traveler by Cheria Holiday di Play Store gratis. Kemudian pilih menu Tour Destination. Maka akan muncul berbagai pilihan paket halal tour ke berbagai negara. Kemudian pilih Australia, dan muncul beberapa pilihan paket wisata Australia beserta harga dan destinasinya. Di situ kamu juga bisa melihat informasi secara detail mengenai rangkuman tour, itinerary, catatan penting, harga, dan tanggal keberangkatan. Kemudian di paling bawah tampilan layar akan muncul menu Order yang bisa di-klik dan langsung tertuju ke WhatsApp admin Cheria. Gampang banget kan?

Pengalaman Wisata Halal Bersama Cheria Halal Holiday
Wisata Halal Tour Australia - Cheria Halal Holiday
Halal Tour Bangkok Pattaya Bersama Cheria Halal Holiday. (dok. pribadi)
Di bulan September lalu, kebetulan saya mendapatkan pengalaman berharga yang tak terlupakan bersama Cheria Halal Holiday. Pengalaman yang tak terlupakan di tahun 2019 ini adalah merasakan wisata halal di Thailand. Ya, itu adalah kali pertama saya ke luar negeri dan berkunjung ke negara yang dari dulu ingin saya kunjungi. Bersama Cheria Halal Holiday saya mendapatkan banyak pengalaman seru selama di Thailand.


Pelayanan dan Birokrasi Perjalanan Sangat Mudah dan Nyaman

Selama pergi ke Thailand bersama Cheria, pelayanan yang saya dapatkan begitu nyaman dan mudah. Mulai dari pengurusan itinerary, jadwal keberangkatan, hingga respon admin yang membantu. Soal tiket pesawat pulang pergi menuju Thailand, saya hanya tinggal datang ke Bandara dan tidak perlu riwa-riwi mengurusnya. Semua sudah bisa dilakukan dengan basis online. Karena di era serba digital seperti sekarang ini kita tidak perlu ribet-ribet lagi mengurus segala keperluan tiket perjalanan secara konvensional.

Akomodasi Terjamin Halal
Wisata Halal Tour Australia - Cheria Halal Holiday
Amir Halal Foods Pattaya, salah satu resto halal di Pattaya. (dok. pribadi)
Soal hotel dan makanan, saya merasa puas dengan pelayanan dan penentuan tempat dalam menyediakan layanan akomodasi selama di Thailand. Mulai dari hotel yang bagus, bersih, dan nyaman, dan pasti yang tidak ketinggalan adalah pilihan resto atau tempat makan yang terjamin halal dan muslim friendly. Selama 2 hari di Bangkok dan 2 hari di Pattaya, saya mendapatkan pelayanan akomodasi halal yang kita sendiri tidak perlu meragukan ke-halal-annya. Selain itu, pemilihan lokasi tempat menginap juga menjadi pertimbangan yang bagus, karena Cheria Halal Holiday menentukan hotel yang saya tinggali dekat dengan lingkungan komunitas muslim, dekat dengan masjid, dan berada di pusat Kota. Benar-benar muslim friendly.

Tour Guide Ramah dan Helpful

Selama 4 hari di Thailand, saya ditemani seorang tour leader dari pihak Cheria dan satu oran tour guide warga lokal Thailand. Tour guide kami begitu ramah, pintar berbahasa Indonesia, dan sangat membantu sekali dengan segala permasalahan yang saya temukan. Di hari ke-dua, saya yang saat itu begitu ceroboh karena tidak sengaja meninggalkan beberapa barang di hotel, kemudian terbantu dengan adanya bantuan tour guide yang saat itu mencoba menghubungi pihak hotel. Dan beruntung, beberapa barang saya tadi bisa saya dapatkan kembali. Cheria Halal Holiday tida salah pilih tour guide selama berada di Thailand, karena tour guide ini adalah pemeran utama yang harusnya bisa memberikan rasa nyaman kepada para wisatawan saat berkunjung ke suatu negara.
Wisata Halal Tour Australia - Cheria Halal Holiday
Rombongan halal tour Thailand bersama Cheria Halal Holiday. (dok. pribadi)
Dari beberapa poin di atas, tentu saja saya ingin berwisata ke luar negeri lagi bersama Cheria Halal Holiday. Karena pelayanan dan pengalaman yang saya dapatkan selama beberapa hari di Thailand meninggalkan kesan baik dan tidak terlupakan. Next time, jika ada kesempatan lagi saya ingin berkunjung dan merasakan suasana negeri multikultur seperti Australia bersama Cheria Halal Holiday. Kira-kira apakah kamu tertarik berkunjung ke Australia bersama Cheria Halal Holiday? Yuk, bagikan komentarmu!


Artikel ini diikutsertakan ke dalam Lomba Blog Cheria #9 2019

Lomba Blog Cheria Holiday #9 2019

Referensi:
cheria-travel.com
travel.detik.com
wikipedia.com

Foto:
pexels.com
unsplash.com
cheria-travel.com

Grafis:
freepik.com

  • Share:

You Might Also Like

29 komentar

  1. Aku jadi pengen dehhh liburan bareng Cheriaaa! Kok kayaknya seru dan terjamin banget yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru banget kak, apalagi kemarin tour guide-nya juga bisa diajak sharing segala hal :')

      Hapus
  2. wah, iya kadang bingung ya kalo ke negara kayaka australia tp mau makan halal. mungkin pake cheria travel adalah jawabannya

    BalasHapus
  3. cari - cari wisata halal eh nemu blog ini, thankyuo mas feri sdh berbagi info hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak Tyeaan, terima kasih sudah berkunjung ke sini

      Hapus
  4. Wah baru tahu ternyata ada halal travel ke Australia. Pengen banget ke Melbourne, banyak tempat yang bagus soalnya. Makasih kak infonya.

    BalasHapus
  5. Ini nih yg sy sering takutkan sebagai muslimah ketika liburan ke negara yg mana muslim adalah minoritas, alhasil selama ini liburannya cuman ke tempat yg ramah muslim kayak Malaysia😂 next bakalan nyoba travelling bareng Cheria deh biar liburan aman dan tidak berdosa😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa ke luar negeri lagi ya kak, biar ngerasain live as minority people gitu hehe

      Hapus
  6. Menarik mas infonya, jadi pengen traveling ke Australia

    BalasHapus
  7. Bisa nih ajak istri liburan ke australia, sekarang sudah ada halal travel jadi nggak sulit mencari kuliner 😍 Alhamdulillah 😇

    BalasHapus
  8. Ya ampuuunn jadi makin mupeng buat cuss ke Ostraliii

    Ada Cheria Holiday, segalanya serba ceria yaaa

    BalasHapus
  9. Liburan ke Australia emg tricky buat cari yg halal. Kalau baru sekali kesana dan gak pakai travel emg bakalan ssh nemu yg halal. Pas bgt nih cheria travel bisa sediakan liburan halal ke Australia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. same as me pas ke Thailand kemarin kak, untungnya bareng Cheria jadi nggak perlu repot2 nyari resto halal. tinggal duduk manis aja udah bisa ke resto halal hehe

      Hapus
  10. Aq makin mupeng pengen ke Australia. Kemarin baru ngeliat videonya rans intertaiment yg liburan ke sana rame-rame. Apalagi ini ada wisata halalnya.... Jadi tambah penegen segera kesana

    BalasHapus
  11. Wah senangnya..
    Enak ya klo wisata halal, jadi tenang kitanya..

    BalasHapus
  12. Kalo ke australia, ku pengen meluk kanguru ato main sama pinguin. Gak lupa foto di depan opera house biar australia banget, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ti ati dipatok kak wkwk. kalau malam di sydney opera house pemandangannya juga bagus bangett

      Hapus
  13. Lagunya Trio Kwek Kwek itu lagu kesukaanku juga semasa kecil hihi..
    Rasanya nyaman pasti bareng Cheria Holiday ini, ibadah tetep jalan walopun di negara yang bukan mayoritas muslim

    BalasHapus
  14. wah makasih ulasannya mas
    bisa buat pegangan kalo mau ke ostrali
    kadang takut juga nih kalau makan atau cari tempat ibadah gitu

    BalasHapus
  15. wahhh.. jadi kepingin wisata ke Australi... apalagi kalau berangkatnya bersama Ceria Halal Holiday, pasti dijamin mantab...

    BalasHapus

Comments