5 Rekomendasi Restaurant Halal di Bangkok dan Pattaya

By Fery Arifian - 12/06/2019

Perjalanan saya ke Thailand di tahun 2019 masih meninggalkan kesan yang tidak bisa saya lupakan. Bayangkan saja, ini adalah pertama kalinya saya traveling ke luar negeri. Dan seketika langsung ke negara yang pengen banget saya kunjungi. Rasanya campur-campur, excited, was-was, dan nggak mau pulang setelah empat hari berada di sana.

Di Thailand, mencari tempat makan halal nggak semudah seperti mencari Indomaret ataupun Alfamart di Indonesia. Alias susah-susah gampang. Karena di negara dengan penduduk mayoritas beragama Buddha ini, tempat makan halal adalah sebuah hidden gems dan butuh sedikit effort. Tapi bukan jadi hal yang mustahil kan mencari tempat makan halal di negara dengan persentase warga muslim kurang dari 5% ini?

Alhamdulillah, selama ke Thailand kemarin saya nggak perlu diribetkan lagi buat nyari resto halal. Pengen tahu alasannya? Bisa baca postingan saya di sini. Nah, di postingan ini saya ingin membagikan 5 Restaurant Halal yang sudah pernah saya kunjungi selama di Bangkok dan Pattaya.

1. Chansiaw Restaurant (Al-Hilal Restaurant) Bangkok
Chansiaw Restaurant Bangkok
Restaurant halal yang pertama adalah Chansiaw Restaurant, atau nama lainnya Al-Hilal Restaurant. Lokasinya ada di pinggiran Kota Bangkok, tepatnya Saphan Sung, Bangkok 10240, Thailand. Resto ini ada di pinggir jalan raya besar yang jadi penghubung jalur Bangkok - Pattaya. Kebetulan siang itu saya dan rombongan ini bertandang ke Pattaya dan sekalian mampir untuk makan siang di resto ini.

Suasananya nyaman, luas, dan sedikit ramai saat ke sini. Dan beberapa rombongan tour lain saya lihat juga dari Indonesia. Di sini disediakan set menu halal dengan menu utama Tom Yam Soup, ayam, ikan, dan sayuran. FYI, saat saya ke resto ini jadi pengalaman pertama saya mencoba Tom Yam Soup. Karena di Indonesia belum pernah mencoba sedikitpun. Rasanya? Ya seperti makan sayur sup tapi dengan rempah yang lebih strong.
Set menu halal
Tom Yam Soup
Di resto ini, juga disediakan musala dan tempat wudhu untuk muslim yang ingin menunaikan salat. Jadi nggak perlu khawatir dan nggak perlu nyebrang ke Masjid gede yang berada di seberang resto. Karena bakal susah nyebrangnya. Di samping resto juga ada cafe yang sepertinya enak buat ngopi dan nyantai. Tapi sayang karena saya diburu waktu jadi nggak sempat ke sana.

Chansiaw Restaurant - Halal Restaurant
Saphan Sung, Bangkok 10240, Thailand

2. Harbour Restaurant by A-One Hotel Pattaya
Harbour Restaurant Pattaya
Sampai di Pattaya saat sore hari, paling pas menikmati makan malam di Harbour Restaurant yang berada di bawah naungan A-One Hotel Pattaya. Resto ini ramai ketika jam makan malam. Menu yang disediakan macam-macam, ada seafood, ayam, aneka soup, sayuran, BBQ, makanan Jepang, salad, jus buah, dan es krim. Karena saking komplitnya menu di sini, saya cobain semua satu-satu. Dan semua menu adalah menu buffet.
Salad Corner

Menu buffet halal
Resto ini lokasinya ada di Pattaya City, Bang Lamung District, Chon Buri 20150, Thailand. Dekat dengan pantai Pattaya, jadi nggak heran kalau resto ini selalu ramai di jam-jam tertentu. Tempatnya juga lebih luas dar resto sebelumnya. Di sini juga disediakan musala untuk salat. Jadi bisa makan sekaligus salat di resto ini. Makanannya juga enak, bahkan saya sampai nambah beberapa kali karena saking banyak varian menu-nya.


Harbour Restaurant by A-One Hotel Pattaya
Pattaya City, Bang Lamung District, Chon Buri 20150, Thailand

3. Amir Halal Food Pattaya
Amir Halal Food Pattaya
Masih di Kota Pattaya, halal restaurant selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Amir Halal Food. Lokasinya ada di หมู่ที่ 10 60 S Pattaya Rd, Bang Lamung District, Chon Buri 20150, Thailand. Memang lumayan jauh dari pesisir pantai Pattaya, tapi resto ini juga recommended untuk dicoba.

Saat saya ke sini, hidangan yang saya dapatkan adalah set menu halal yang mirip dengan Chansiaw Resto Bangkok. Tom Yam Soup, Ayam Goreng, Ikan Goreng, dan aneka sayuran. Tapi yang jadi highlight dari tempat ini, mereka juga menyediakan dessert Thailand yang paling terkenal yaitu Mango Sticky Rice (ข้าวเหนียวมะม่วง / Khaoniao Mamuang). Dan entah kenapa rasanya beda sama Mango Sticky Rice yang biasa dijual di mall-mall Indonesia. Lebih enak di sini. 
Set menu halal
Muslim friendly
Mango Sticky Rice

Di sini juga ada outlet oleh-oleh yang bisa pengunjung kunjungi, harganya juga nggak jauh beda dengan harga di pusat oleh-oleh Pattaya. Dan di samping resto ini, ada masjid besar yang bisa dikunjungi juga. Kamu hanya perlu jalan keluar beberapa langkah saja kok. Nama masjidnya Toatillah Masjid (มัสยิดตออะติ้ลละฮ). Jadi, buat kamu yang ingin melanjutkan perjalanan kembali, bisa sekalian menunaikan salat di masjid ini.
Toatillah Masjid


Amir Halal Food
หมู่ที่ 10 60 S Pattaya Rd, Bang Lamung District, Chon Buri 20150, Thailand

4. Tsix5 Hotel Pattaya
Restaurant at Tsix5 Hotel Pattaya 
Saat berkunjung ke Pattaya City, saya menginap di Tsix5 Hotel Pattaya yang lokasinya ada di 555/85 หมู่ที่ 5 ถนน Na Kluea 12 Alley, Bang Lamung District, Chon Buri 20150, Thailand. Hotel ini menyediakan pelayanan dan fasilitas yang muslim friendly. Bisa dilihat sejak masuk ke hotel, ada larangan untuk tidak membawa alkohol ke dalam hotel.

Kebetulan saya menikmati makanan di restaurant yang ada di dekat lobby hotel. Menu sarapannya standar hotel. Ada menu Asia dan Western. Sebelum masuk ke lokasi resto, staff hotel akan menanyakan kamu menginap di kamar nomor berapa dan kemudian langsung bisa masuk ke dalam restonya. Staff resto hotel ini juga beberapa seorang muslim, karena bisa dilihat dari hijab yang mereka kenakan. 
Menu sarapan buffet
Saran saya, jika berkunjung ke Pattaya lebih baik menginap di sini saja. Karena lokasinya memang lebih tenang, jika kamu menginap di pusat Kota Pattaya seperti di dekat pantai, dipastikan kamu bakalan susah tidur karena suara musik dari pub dan night bar yang ada di sekitarnya. Juga kamu nggak perlu repot-repot lagi mencari resto halal saat menginap di sini. Gampang kan?


Tsix5 Hotel Pattaya
555/85 หมู่ที่ 5 ถนน Na Kluea 12 Alley, Bang Lamung District, Chon Buri 20150, Thailand



5. Shaza Restaurant at Zayn Hotel Bangkok
Zayn Hotel Bangkok
Kembali ke Bangkok, kamu bisa menikmati sajian menu makanan halal di Shaza Restaurant Zayn Hotel Bangkok. Lokasinya ada di 593 595 Srinagarindra Rd, แขวงพัฒนาการ Suan Luang, Bangkok 10250, Thailand, tepatnya ada di lantai dua hotel. Menu yang disediakan adalah menu buffet berbagai pilihan. Mulai dari menu lokal Thailand, Asia, dan Eropa. Kamu tinggal pilih sesuai selera.

Dari beberapa resto di atas, menurut saya Shaza Restaurant ini punya kualitas rasa masakan yang paling enak. Bahkan yang bikin saya amazed adalah mereka menyediakan sambal bajak khas Indonesia. Ya ampun terharu dan mau nangis aja. Akhirnya makan sambal yang bener-bener cocok di lidah saya setelah hampir seminggu makan sambal Thailand yang rasanya gak cocok sama lidah medhok saya. Yang paling saya suka adalah, menu dessert-nya. Ya ampun mau nangis aja rasanya. Nggak ada yang nggak enak di resto ini. Ini bener lho, saya nggak bohong. 
Menu buffet halal terenak :")
Suasana Shaza Restaurant
Tempatnya juga bersih, nyaman, staff-nya juga baik banget. Sayang banget saya belum dapet kesempatan buat nginep di hotel ini juga. Di sebelah resto juga disediakan musala kecil untuk salat. Next time, kalau ada kesempatan buat ke Thailand lagi, mau staycation aja di sini.

Shaza Restaurant
593 595 Srinagarindra Rd, แขวงพัฒนาการ Suan Luang, Bangkok 10250, Thailand

Nah, itu tadi 5 Rekomendasi Restaurant Halal yang ada di Bangkok dan Pattaya, Thailand. Jadi, udah nggak ada alasan lagi bakal susah nemuin resto halal enak di Thailand karena beberapa resto memang sudah terkenal dan semuanya punya sertifikasi halal.

Kira-kira kamu pengen nyoba makanan di resto yang mana nih? Share di kolom komentar ya!

  • Share:

You Might Also Like

16 komentar

  1. noted deh kalau main ke Pattaya Mas, makasih sharingnya, memang sebagai muslim ini kadang agak kesulitan kalau ke luar negeri, untungnya di sana udah diakomodir yaa, lagian kayaknya wisatawan muslim juga memang banyak disana

    BalasHapus
  2. Mencari makanan halal di thailand memang agak sulit. Aku save ya tulisannya, one day pasti aku butuh kebetulan Pattaya aku blom prnh.

    BalasHapus
  3. Dulu pas ke Bangkok berapa kali makan di Yana Restaurant di MBK. Lebih mahal sikit, tapi paling nggak aku bisa makan dengan tenang haha. Pas dulu beli makanan di Asiatique iya sih beli menu aman. Tapi tetap aja di resto yang sama jual babi juga haha jadi nggak abis makanannya.

    BalasHapus
  4. Di Bangkok emang rada susah makanan halal. Tapi aku belom pernah ke Pattaya. Di save dulu deh. Makasi ya

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah ke Thailand, sepertinya cari makanan halal sulit ya karena muslim di sana sedikit. Dengan adanya tulisan ini bisa sangat membantu apabila nanti aku berwisata ke sana.

    BalasHapus
  6. Aku juga belum pernah ke Thailand. Beneran bagus banget membaca tulisan Mas Fery ini. Buat referensi kalau suatu hari nanti bisa traveling ke sana. Enaknya kalau restoran ada musholanya lengkap kan jadi kita ga bingung mau beribadah. Nice story.

    BalasHapus
  7. Makin banyak ya makanan halal di Bangkok. Dulu seringnya makan di Yana Restaurant di MBK, sekarang banyak pilihan lain. Save yaa...

    BalasHapus
  8. Noted banget ini. Siapa tau suatu hari nanti ke Bangkok dan Pattaya, jadi gak usah pusing tujuh keliling mikirin makanan halal. Terima kasih buat rekomendasinya.

    BalasHapus
  9. Banyak juga pilihan restorannya ya
    Jadi gak perlu was-was lagi saat mencari makan bagi kawan-kawan muslim
    Tulisan ini bisa jadi referensi

    BalasHapus
  10. Penasaran nyobain Mango Sticky Rice langsung di Thailand. Di Thailand ada yg jual thaitea juga ga sih? Hahaha

    BalasHapus
  11. Sambal Thailand memangnya seperti apa, mas?
    Kalau jeli, makanan halal ini bisa jadi peluang usaha banget di Thailand mengingat banyaknya wisatawan muslim yang berkunjung ke sana :)

    BalasHapus
  12. Menu di Amir Halal Food Pattaya terlihat lebih menggiurkan. Saya tuh gak pernah suka dengan mango sticky rice. Tetapi, kalau memang lebih enak dari yang di Indonesia kayaknya pengen cobain juga

    BalasHapus
  13. Gak susah karena kamu ikut tur ya, mas? Soalnya 2 restoran yang kamu sebut itu persis yang kukunjungi juga pas ke Bangkok-Pattaya tahun 2018 lalu dari menang lomba. Sebelumnya udah 3 kali ke Thailand sendiri, saat itu tricky banget cari yang halal, untung aku bisa makan apa pun hehe.

    BalasHapus
  14. Waktu liburan ke Bangkok memang susah cari makanan halal tapi ketika di Pattaya ku mencari makanan di restoran Turki karena kebetulan juga jalan bareng berdua sama cowok Turki. Ini beberapa lainnya bisa jadi rekomendasi banget untukku yang suka main ke Bangkok.

    BalasHapus
  15. Wah harus dicatat nih, agar tidak bingung saat ke Pattaya suatu hari nanti. TFS ya....

    BalasHapus
  16. Wahhh boleh banget nih jadi bahan referensi kalau nanti jalan-jalan ke Bangkok. Haha


    Salam dari kami Travel Blogger Ibadah Mimpi

    BalasHapus

Comments