5 Bukti Pesona Raja Ampat, Surga Dunia di Tanah Papua

By Fery Arifian - 3/19/2020

Raja Ampat. (source: Shutterstock)
Jika kamu berpikir bahwa Indonesia tidak lebih menarik dari beberapa destinasi alam menawan seperti Maldives, Phuket, dan New Zealand, saya sarankan untuk mengubur dalam-dalam asumsi singkat itu. Jika kamu berpikir bahwa Indonesia tidak seindah negara-negara Eropa, coba pikirkan lagi anggapan tersebut.

Indonesia punya banyak sekali keindahan alam yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan beberapa destinasi terkenal yang saya sebutkan tadi. Bahkan bisa dipastikan usia hidup kita tidak akan cukup untuk menjelajahi dan menghabiskan waktu mengunjungi satu persatu destinasi wisata Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dan dari Miangas hingga Pulau Rote.

Satu yang tidak bisa kita pungkiri keberadaan wisata dengan julukan surga di ujung Timur ini adalah Raja Ampat, Papua. Tanah Papua memang terkenal dengan kekayaan dan keindahan alam dan semua hal yang ada di dalamnya baik di atas daratan maupun di bawah permukaan lautnya. Tak cukup sampai di situ, kekayaan adat istiadat dan budayanya pun tak luput dari perhatian dunia.

Menikmati keindahan alam dengan berkunjung ke destinasi wisata hijau memang dambaan setiap orang. Ditambah lagi pengalaman yang sangat berkesan yang akan didapatkan selama hidup di dunia tentu akan bisa dirasakan. Oleh karenanya Raja Ampat bisa jadi pilihan dan jawaban atas keinginan tersebut.

Ketika membahas tentang Raja Ampat, tentu akan banyak sekali pilihan tempat yang bisa dikunjungi saat berkunjung ke Kabupaten yang berada di Provinsi Papua Barat ini. Nah, apa saja destinasi yang bisa dikunjungi?

1. Pulau Wayag
Pulau Wayag (source: shutterstock)
Merupakan destinasi wajib yang harus didatangi saat menjelajahi wilayah Kabupaten yang terdiri dari ratusan pulau dengan alamnya yang masih alami ini. Ikon Raja Ampat ini tersohor dengan jajaran pulau dan batu karang kokoh di tengah hamparan birunya laut. Gugusan pulau ini memang berada sedikit jauh di sebelah utara pulau besar Raja Ampat. Tapi keindahan panoramanya dijamin akan membuat pengunjung terkesima seketika.

2. Piaynemo
Piaynemo (source: Kumparan)
Piaynemo adalah destinasi yang berada di Pulau Penem, dan dijuluki pula dengan Wayag Mini. Panoramanya tidak kalah indah dengan Pulau Wayag. Hampir mirip dengan suguhan Pulau Wayag, Piaynemo menyuguhkan pemandangan gugusan karst yang dibalut dengan hijaunya tumbuhan di atasnya. Berpadu dengan birunya air laut yang seperti kristal.

3. Kalibiru
Kalibiru (source: Kumparan)
Tak melulu soal pantai, destinasi Raja Ampat selanjutnya adalah Kalibiru yang berada di Pulau Waigeo. Blue River Mayalibit adalah sebutan lain dari Kalibiru ini. Dengan menyusuri pedalaman hutan selama kurang lebih 30 menit dari muara Teluk Mayalibit, kamu bisa merasakan heningnya suara alam dan menikmati segarnya air yang didapuk berasal dari sumber mata air ini. Warna biru turquoise-nya benar-benar memanjakan mata, bahkan saking beningnya kamu bisa melihat dasar air dengan jelas dari atas permukaannya.

4. Love Lagoon
Love Lagoon, Raja Ampat. (source: Shutterstock)
Menuju ke distrik Misool, tepatnya di Pulau Karawapop. Satu lagi keindahan alam yang disajikan Raja Ampat adalah Telaga Cinta atau Love Lagoon yang membuat takjud setiap mata yang melihatnya. Laguna cantik nan indah ini berbentuk seperti cekungan kolam hati yang dikeliling air laut dengan perbedaan warna yang mencolok. Untuk mendapatkan pemandangan yang bagus, kamu memang harus naik ke atas bukit dan berfoto dari atasnya.

5. Taman Bawah Laut Raja Ampat
Terumbu karang Raja Ampat. (source: Shutterstock)
Siapa sangka jika Raja Ampat memiliki 75% dari spesies terumbu karang yang ada di dunia? Sayapun juga tak menyangka akan hal itu. Dilansir dari Kumparan, sebuah lembaga Conservation International (CI) yang bekerja sama dengan Lembaga Oseanografi Nasional (LON) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga pernah melakukan sebuah penelitian di tahun 2001 dan 2002. 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Raja Ampat memiliki hampir 75% terumbu karang yang ada di seluruh dunia. Tak sampai di situ, perairan Raja Ampat adalah tempat tinggal dari 1000 lebih jenis ikan karang dan 700 jenis Moluska. Dari penelitian tersebut kemudian didapatlah kesimpulan bahwa tak satupun perairan dunia yang memiliki kondisi ini selain Raja Ampat. Menakjudkan bukan?

Beberapa destinasi di atas bisa dibilang secuil dari bukti pesona Raja Ampat. Dan semua destinasi tersebut masih terjaga keaslian dan kelestariannya. Untuk itu, kita sebagai warga Indonesia patut bangga jika tanah kita sangat layak disebut dengan surga dunia. 

Namun, dibalik keindahan tersebut tidak sedikit pula tanah Papua yang digerus dan dimanfaatkan kandungan sumber daya alamnya secara tidak bertanggung jawab oleh berbagai pihak. Oleh karenanya, sebisa mungkin kita harus menjaga kelestarian alam Papua khususnya alam yang ada di sana, tak terkecuali kawasan hutannya.

Beruntungnya sudah ada suatu yayasan yang membantu kelangsungan pelestarian alam Papua, yaitu EcoNusa

Yayasan Ekosistim Nusantara Berkelanjutan (EcoNusa Foundation) merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan mengangkat pengelolaan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan di Indonesia dengan memberi penguatan terhadap inisiatif-inisiatif lokal. Untuk itu, EcoNusa mendorong pembangunan dan pengembangan kapasitas kelompok masyarakat madani, bekerja sama dengan mereka untuk mengembangkan strategi untuk advokasi, kampanye, komunikasi dan pelibatan pemangku kepentingan. EcoNusa juga mempromosikan dialog antarpemangku kepentingan untuk makin mengembangkan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan sekaligus juga untuk mengangkat keadilan, konservasi, dan transparansi. Yayasan ini resmi berdiri sejak 21 Juli 2017 dan berbasis di Jakarta.

Namun, tanpa adanya dukungan dari kita khususnya warga negara Indonesia, keberlangsungan alam Papua lambat laun akan tergerus dengan kerusakan alam yang tidak bertanggung jawab. Oleh karenanya, yuk kita sama-sama jaga alam Papua dengan terus mendukung industri pariwisata yang berbasis berkelanjutan (sustainable) dan sama-sama menggaungkannya ke kancah internasional. Karena Papua adalah destinasi wisata hijau yang harus kita dijaga demi anak cucu kita kelak.

References: 

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Semoga alam Papua selalu terjaga ya, indahnyaa..

    BalasHapus
  2. Gak kebayang deh kalau bisa berkunjung ke Papua. Pasti seru sekali karena bisa melihat langsung keindahan alam yang jarang di temui di bagian manapun di Indonesia. Terlebih di Raja Ampatnya dengan surga bawah lautnya. Air terjunnya juga masih banyak banget yang alami.

    BalasHapus

Comments