Kenali Diri Sendiri Hanya Dengan Tes Sidik Jari di MS Learning and Grow

By Fery Arifian - 6/21/2022

Kenali Diri Sendiri Hanya Dengan Tes Sidik Jari di MS Learning and Grow

Di usia yang udah seperempat abad ini kadang masih sering menjumpai beberapa orang teman yang nggak tahu potensi atau karakter mereka sendiri itu seperti apa. Bahkan nggak jarang juga banyak yang ngeluh ke saya kalau mereka ini sering kehilangan arah, motivasi, bahkan sampai clueless mau berkarir ke mana. Hal tersebut saya sadari ketika saya selesai melakukan tes sidik jari dan konsultasi dengan Psikolog lewat aplikasi MS Learning and Grow.

Sebelum mau bahas tes sidik jari yang saya lakukan. Saya mau cerita dikit boleh kan?

Ngomong-ngomong soal beberapa temen yang sempet ngeluh ke saya tadi, saya kemudian paham kalau ternyata banyak teman yang sudah menginjak fase dewasa namun kurang bisa mengenali karakter dan potensi dirinya sendiri.

Padahal mengenali karakter dan potensi diri sendiri ini harusnya udah bener-bener ditanamkan dan dipahami sejak masih duduk di bangku sekolah lho. Hal tersebut juga sebenarnya pernah terjadi di diri saya sendiri.

Saya sendiri baru menyadari dan mengenali potensi diri saya sendiri ketika masuk ke bangku perkuliahan. Di mana saya dulu pernah ngerasa "salah jurusan" ketika masuk ke SMK dengan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. 

Sedangkan saya adalah orang yang dominan menggunakan sisi otak bagian kanan. Yang mana otak kanan adalah bagian otak yang erat kaitannya berhubungan dengan kreatifitas, intuisi, emosional, dan imajinasi.

Sedangkan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan yang saya tempuh saat masih duduk di bangku SMK ini lebih mengedepankan dan memprioritaskan kinerja otak bagian kiri. Yang mana otak kiri ini lebih cenderung ke arah logika dan matematika. Ckckck.

Untungnya, saya sudah mengenal dunia Blog dan Fotografi sejak duduk di bangku SMK. Kedua hal tersebut saya dapatkan dari otodidak dan hanya berawal dari hobi traveling.

Dari situ, saya mulai menyadari jika saya lebih tertarik ke hal yang berbau seni, kreatifitas, dan imajinasi. Sampai akhirnya saya benar-benar menyadari potensi diri saya, hingga akhirnya memutuskan untuk masuk kuliah lintas jurusan ke jurusan Ilmu Komunikasi.

Well, sebenernya nggak ada yang salah. Namanya manusia itu pasti berproses dan belajar. Saya menganggap pilihan saya dulu waktu SMK itu sebagai bentuk perjalanan hidup yang sudah saya tempuh. Dan pastinya banyak pelajaran yang saya dapatkan.

Trus kira-kira ada nggak sih metode atau cara yang bisa dilakukan biar kita atau mungkin anak kita nanti nggak salah nentuin arah dan tujuan hidupnya karena ternyata nggak sesuai sama potensi dan karakter diri?

Ada dong. Nah, salah satunya adalah dengan menggunakan Teori DISC.

Apa Itu DISC Test?

Kenali Diri Sendiri Hanya Dengan Tes Sidik Jari di MS Learning and Grow

Tes sidik jari ini adalah sebuah metode tes karakter yang berguna untuk mengukur bagaimana seseorang itu menanggapi aturan, lingkungan, masalah, dan tantangan dalam hidupnya.

Metode DISC ini pertama kali diperkenalkan oleh William Moulton Marston melalui bukunya Emotions of Normal People yang diterbitkan pada tahun 1928. Teori Marston menyebutkan bahwa ekspresi perilaku emosi dapat dikategorikan menjadi empat tipe utama, yang berasal dari persepsi diri seseorang dalam hubungannya dengan lingkungannya.

Keempat jenis ini diberi label oleh Marston sebagai berikut:

  • Dominance (D), menekankan pada pencapaian hasil, dan kepercayaan diri.

  • Influence (I), menekankan pada kemampuan untuk mempengaruhi orang lain, keterbukaan, hubungan.

  • Steadiness (S), menekankan pada kerja sama, ketulusan, ketergantungan.

  • Compliance (C), menekankan pada kualitas dan akurasi, keahlian, kompetensi.

Trus fungsinya Fingerprint Test ini emang buat apa sih? Emang seberapa ngaruh buat diri kita setelah mendapatkan hasil tesnya?

Seperti yang dilansir dari web discprofile, hasil tes DISC ini memiliki beberapa manfaat berikut di dalam dunia kerja;

  • Mampu meningkatkan pengetahuan pribadi. Termasuk bagaimana menanggapi konflik, apa yang memotivasimu, apa yang menyebabkan stres, dan bagaimana kamu memecahkan masalah.

  • Mampu meningkatkan hubungan kerja dengan mengenali kebutuhan komunikasi anggota tim.

  • Memfasilitasi kerja tim yang lebih baik dan mengajarkan konflik yang produktif.

  • Mengembangkan keterampilan penjualan yang lebih kuat dengan mengidentifikasi dan menanggapi gaya pelanggan.

  • Memahami disposisi dan prioritas anggota tim dan mengelola tim dengan lebih efektif.

Pengen juga tes DISC diri sendiri, tapi apa musti dateng ke Psikolog atau layanan Konseling langsung?

Enggak dong. Sekarang kamu udah nggak perlu repot-repot dateng ke Psikolog atau Layanan Konseling. Cukup pakai sidik jari dan smartphone-mu. Kamu sudah bisa mendapatkan hasil tipe DISC diri kamu sendiri.

Kok bisa tahu hasil DISC diri sendiri cuman pakai tes sidik jari dan smartphone aja?

Bisa dong, sekarang udah ada aplikasi canggih yaitu MS Learning and Grow.

Apa Itu MS Learning and Grow?

Kenali Diri Sendiri Hanya Dengan Tes Sidik Jari di MS Learning and Grow


MS Learning and Grow ini adalah layanan aplikasi yang membantu penggunanya agar dapat fokus dalam mengoptimalkan pemberdayaan diri. Melalui fitur Fingerprint Psychological Profiling-nya, aplikasi ini berguna  sebagai media bagi pengguna untuk mendapatkan pemahaman atas diri.

Saya tahu aplikasi ini dari beberapa teman Blogger yang mencoba untuk menggunakannya sebagai aplikasi untuk memahami karakter apa yang didapatkan. Karena akhirnya saya penasaran, saya juga ikutan coba. Emang kadang orangnya mayan kepo hehe.

Nah, selain bisa mengetahui karakter diri dari tes sidik jari dengan metode DISC Test tadi. Aplikasi ini juga bisa berfungsi sebagai layanan konseling masalah Psikologi juga lho. Namun, ada beberapa fitur yang hingga tulisan ini dibuat, masih belum dapat diakses karena aplikasinya masih tergolong baru. Ibarat hubungan, ini tuh masih anget-angetnya. Halah.

Tahapan dan Prosedur Tes Sidik Jari MS Learning and Grow

Ada beberapa tahapan dan prosedur yang harus diisi sebelum melakukan tes sidik jari dan mendapakan hasilnya.

Kenali Diri Sendiri Hanya Dengan Tes Sidik Jari di MS Learning and Grow


Beberapa tahapan itu adalah;

  • Mengisi voucher yang didapatkan setelah transaksi untuk dapat mengakses tes sidik jarinya

  • Mengisi data diri peserta

  • Isi data sidik jari. Tahapan ini yang paling penting, karena peserta harus memfoto sidik jarinya satu persatu. Mulai dari jari tangan kiri dan kanan tanpa terlewat.

  • Setelah sidik jari tersubmit, kita harus menunggu beberapa waktu agar hasil bisa keluar. Nggak lama kok, saya hanya butuh waktu sekitar 30 - 45 menit saja di hari kerja.

  • Setelah itu, memilih jadwal konsultasi dengan konsultan MS Learning and Grow.

  • Kemudian melaksanakan konsultasi online via Zoom di jam yang sudah ditentukan.

  • Setelah itu, tahapan tes sidik jari selesai dan akan muncul ringkasan atau resume dari hasil tes sidik jari dan konsultasi online.

Pengalaman Konsultasi Hasil Tes Sidik Jari MS Learning and Grow

Kenali Diri Sendiri Hanya Dengan Tes Sidik Jari di MS Learning and Grow


Setelah saya menentukan jadwal untuk konsultasi, akhirnya saya bisa join Zoom dan konsultasi langsung bersama konsultan MS Learning and Grow. Saya berkonsultasi dengan Kak Indria. 

Kak Indria menerangkan setiap detail hasil yang tes sidik jari yang saya dapatkan. Saya mendapatkan hasil yaitu tipe kepribadian INFLUENCE - STEADINESS.

Dan, dari hasil tersebut yang saya dapatkan adalah tipe kepribadian Influence yang paling mendominasi di diri saya yaitu dengan skala 9 dari 10. Sedangkan kepribadian Steadiness juga saya dapatkan dengan skala 7 dari 10.

Kak Indria menjelaskan jika kepribadian Influence ini adalah kepribadian yang juga takut akan penolakan. Duh, ini mah saya banget. Memilik potensi di bidang kreatifitas dan inovatif dalam menghasilkan ide-ide baru.

Kepribadian Influence juga mudah percaya, tidak skeptis, dan humoris. Namun kelemahannya adalah kurang teratur (cara berpikir loncat-loncat, kurang teliti terhadap hal berbau detail, dan cenderung spontan dalam menentukan sesuatu. Jika kurang cocok terhadap suatu hal, karakter Influence ini cenderung menarik diri daripada harus menghadapi hal tersebut.

Kenali Diri Sendiri Hanya Dengan Tes Sidik Jari di MS Learning and Grow

Sedangkan tipe kepribadian Steadiness yang saya dapatkan juga, ada kecenderungan dalam diri saya dari kepribadian ini. Yaitu selalu mengedepankan rasa nyaman saat berkomunikasi, malas berkonflik dan cenderung menhindari konflik, mempertimbangkan risiko yang akan terjadi, peka, dan memilik empati tinggi, dan juga peacemaker. 

Kebalikan dari kepribadian Dominance - Compliance, yang mana seorang dengan kepribadian Influence - Steadiness adalah kepribadian yang sangat mengedepankan emosi dan perasaan. Dan mengesampingkan Logika dan Egosentris.

Tidak kerasa, sekitar 30 menit saya habiskan dengan berkonsultasi bersama Kak Indria. Rasanya menyenangkan bisa mengenali diri saya sendiri. Tidak lupa Kak Indria juga menanyakan dari hasil tes sidik jari ini, output apa yang ingin saya dapatkan. Saya mendapatkan output lain yaitu bagaimana caranya untuk berhadapan dengan orang dengan berbagai tipe kepribadian lain.

Which is good for me to know how to dealing with others and of course my co-workers.

Menutup sesi konsultasi dengan hati lega, ternyata aplikasi MS Learning and Grow ini sangat membantu sekali bagi saya. Nggak cuman buat diri sendiri, aplikasi ini bisa saya rekomendasikan ke beberapa teman dan mungkin ke keponakan saya yang masih duduk di bangku sekolah. Karena saya memang masih belum punya anak, jadi ya buat ponakan saja. #TimBujangBahagia

Selain tes sidik jari, aplikasi MS Learning and Grow juga punya fitur baru lain yang sangat membantu. Fitur-fitur itu adalah:

  • Test Psikologi Gratis 

Fitur ini pengguna bisa melakukan tes kepribadian ekstrovert & introvert dengan cara memilih poin-poin yang tersedia yang dirasa paling relate dengan penggunanya. Nanti hasilnya juga akan keluar sesuai poin yang dipilih.

  • Teman Berbicara 

Fitur ini adalah wadah untuk setiap orang sebagai traumatic healing atau sesi konsultasi untuk mengatasi beberapa keluhan kesehatan mental melalui konsultasi dengan ahlinya. Dengan durasi selama 30 menit, sebelum konsultasi pengguna diminta untuk mengisi data diri dan menuliskan keluhan yang dirasakan. Fitur ini sangat membantu ketika kita stress karena pekerjaan, masalah hubungan percintaan, dan sebagainya tanpa batasan topik. 

Dari sini, saya dapat menyimpulkan jika aplikasi MS Learning and Grow ini sangat membantu dan hasilnya juga akurat. Jadi, dari sini bisa saya dapatkan jika betapa pentingnya generasi muda yang tahu dan sadar akan karakter dan potensi mereka sejak dini. Untuk meminimalisir yang namanya salah jurusan, salah langkah, atau mungkin merasa tidak punya potensi dalam diri.

Karena sejatinya Tuhan itu maha adil kok, semua manusia pasti diciptakan dengan potensi dan kelebihannya masing-masing.

Nah, kira-kira kamu tertarik juga nggak buat nyobain aplikasi ini? 


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Comments